Senin, 17 Agustus 2020

Unsur Unsur Seni Rupa

 Agar menjadi sebuah karya seni, Seni rupa memiliki unsur–unsur yang disatukan kemudian menjadi sebuah karya seni yang indah. Unsur-unsur inilah yang nantinya akan membentuk ciri khas dan keindahan dalam seni rupa. Berikut adalah unsur–unsur dari seni rupa

1. Titik

Unsur ini adalah dasar dari sebuah ide yang akan tertuang untuk membuat karya seni rupa. Titik adalah unsur paling kecil dalam pembuatan seni rupa. Unsur ini adalah awal mula dari pembuatan karya seni rupa.

2. Garis

Unsur ini adalah sebuah penggabungan dari titik satu ke titik yang lain. Garis memiliki jenis yang macam–macam. Setiap garis yang dituangkan akan membentuk watak dan ciri khas yang dapat menggambarkan karya seni tersebut.Garis juga dapat menggambarkan sifat, entah itu kaku, lentur ataupun keras.

3. Bidang

Unsur ini adalah pengembangan dari kumpulan garis–garis yang sudah dituangkan disebuah media. Garis–garis tersebut jika digabungkan akan menjadi bidang yang mempunyai keindahan tersendiri. Seorang seniman sangat teliti dalam menyatukan unsur–unsur ini.

4. Bentuk

Unsur seni rupa yang satu ini dapat memberikan kesan pada sebuah karya seni sehingga sebuah karya seni dapat menjadi lebih hidup. Dilengkapi dengan sentuhan para seniman dan detail yang sempurna, membuat karya seni ini mejadi indah.

5. Ruang

Unsur seni rupa yang satu ini memiliki dua sifat yaitu sifat semu dan sifat nyata. Sifat semu hanya dapat dinikmati dengan csrs dilihat saja, sedangkan sifat nyata dapat dilihat dan diraba. Kedua sifat ini sangat berbeda tergantung dari dimensinya, dimensi 2 atau dimensi 3.

6. Warna

Unsur seni rupa ini sangat penting dalam membuat karya seni, terutama seni rupa. Agar menjadi sebuah karya seni yang indah, seorang seniman harus emadupadankan warna. Perpaduan warna akan menggambarkan suasana hati, entah itu senang ataupun sedih.

7. Tekstur

Dalam sebuah karya seni rupa, tekstur bisa diartikan sebagai sifat atau keadaan dalam sebuah karya seni. Tekstur ini dibedakan menjadi 2 yaitu tekstur semu dan tekstur nyata. Tekstur semu adalah tekstur yang memiliki kesan tidak ada kesamaan antara penglihatan dan indera peraba.

Sedangkan untuk tekstur nyata adalah unsur dari sebuah karya seni dimana antara indera peraba dan indera penglihatan terasa sama. Para penikmat seni selalu memperhatikan salah satu unsur yang satu ini.

8. Gelap Terang

Unsur ini akan membuat hasil karya seni terlihat nyata dan hidup. Karena dalam pegerjaanya sangat memperhatikan intensitas cahaya. Untuk membuat karya seni yang luar biasa, seorang seniman akan membuat karya seni dengan memperhatikan intensitas cahaya secara detail.

Proyek Pelajar Pancasila KEARIFAN LOKAL "Tumpeng Simbol Keragaman Budaya"

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. Proyek penguatan profil pelajar Pa...