Minggu, 09 Agustus 2020

INTENSIFIKASI, EKSTENSIFIKASI, DISERSIVIKASI, MEKANISASI, REHABILITASI PERTANIAN

Berikut Penjelasannya

 Intensifikasi merupakan upaya untuk meningkatkan suatu hasil produksi. Contoh intensifikasi adalah meningkatkan kualitas kerja, memperbaiki cara berproduksi, mengganti teknologi tradisional menjadi teknologi yang lebih canggih, mengadakan sosialisasi terhadap para pegawai untuk meningkatkan suatu peningkatan kualitas kerja.

Ekstensifikasi merupakan upaya untuk meningkatkan hasil produksi yang dilakukan dengan cara menambah atau memperluas faktor produksi yang digunakan. Yaitu dengan cara membuka lahan pertanian baru atau usaha baru, menambah jumlah armada atau transportasi, mendirikan pabrik atau cabang-cabang pabrik baru.

Diversifikasi merupakan upaya untuk meningkatkan produksi yang dilakukan dengan cara menambah jenis atau keanekaragaman hasil produksi. Contoh: selain menghasilkan kain juga memproduksi pakaian, selain memproduksi sebuah alat-alat elektronik berupa TV, juga memproduksi sejenis nya seperti radio, telepon dan lain-lain. Tujuan dilakukan diversifikasi adalah untuk menambah jumlah hasil produksi dan juga meningkatkan keuntungan serta menutupi kerugian.

Mekanisasi merupakan sebuah upaya proses penggantian dan penggunaan berbagai macam cara yang bertujuan untuk menjadi alat pengganti. Contoh mekanisasi dalam pertanian: memaksimalkan fungsi lahan pertanian  (selain lahan di tanami padi, petani juga menanam sayur-sayuran dan buah-buahan, menggunakan alat-alat pertanian modern yang membantu mengurangi resiko terjadinya gagal panen.


Rehabilitasi adalah peningkatan hasil produktifitas pertanian dengan cara pemulihan atau penggantian tanaman lama yang telah rusak dengan tanaman baru

Proyek Pelajar Pancasila KEARIFAN LOKAL "Tumpeng Simbol Keragaman Budaya"

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. Proyek penguatan profil pelajar Pa...