Senin, 17 Agustus 2020

Tangga Nada Modal / Skala Nada

 Tangga nada modal atau bisa juga disebut sebagai skala modal. Sebelum lebih jauh membahas mengenai Tangga nada modal, kamu sebaiknya mengetahui nama dan jenis Tangga nada modal.

Tangga nada modal terdiri dari Ionian, Dorian, Phrygian, Lydian, Mixolydian, Aeolian, dan Locrian. Kamu harus hapal urutannya ya. Jadi yang pertama adalah Ionian, sampai skala terakhir adalah Locrian. Sebagian skala modal berupa mode mayor sebagian lagi berupa mode minor dan masing-masing menghasilkan nuansa musik yang berbeda-beda.

Untuk lebih mudahnya seperti ini: Tangga nada modal adalah penamaan sesuai urutan berdasarkan nada ke berapa skala itu dimulai. Sekarang kamu coba cek tangga nada yang dimulai dari C=Do. Sehingga akan seperti ini bentuk tangga nadanya: C-D-E-F-G-A-B-C. Dapat kamu lihat bahwa nada pertama dari tangga nada C adalah “C”, nada kedua adalah “D”, nada ketiga adalah “E” dan seterusnya.

Sehingga kita akan mendapatkan bahwa nada C adalah Ionian, nada D adalah Dorian, E adalah Phrygian, F adalah Lydian, G adalah Mixolydian, A adalah Aeolian dan B adalah Locrian.

Sekali lagi perhatikan urutannya ya mulai dari Ionian, Dorian, Phrygian, Lydian, Mixolydian, Aeolian, dan Locrian. Dengan begitu kamu akan bisa menalar bila kalian akan memainkan skala modal dari G Mixolydian artinya tangga nada dasar yang sedang kalian mainkan adalah tangga nada C.

Proyek Pelajar Pancasila KEARIFAN LOKAL "Tumpeng Simbol Keragaman Budaya"

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. Proyek penguatan profil pelajar Pa...