Senin, 17 Agustus 2020

Seni Rupa

 Secara umum seni rupa adalah sebuah cabang seni yang hasil karyanya dapat dinikmati oleh mata dan disentuh dengan tangan. Untuk lebih jelasnya tentang seni rupa, di bawah ini akan disajikan informasi penting mengenai pengertian dari seni rupa secara bahasa dan menurut para ahli. Informasi ini akan mempermudah pemahaman siapapun akan seni rupa.

Seiring perkembangan teknologi yang sangat cepat, saat ini banyak orang yang berbakat dalam bidang seni, terutama seni rupa. Untuk anda yang masih awam dengan dunia seni, mungkin anda belum paham apa itu seni rupa, pengertian seni rupa secara umum adalah sebuah karya seni yang bisa dilihat oleh mata dan bisa diraba dengan indera peraba.

Banyak orang yang memiliki pendapat sendiri-sendiri tentang pengertian seni rupa. Jadi dapat disimpulkan pengertian seni rupa itu sendiri adalah sebuah cabang seni yang menciptakan karya seni dengan media yang bisa dilihat dengan mata dan dapat dirasakan dengan indera peraba. Selain itu seni rupa juga dapat disebut sebagai karya seni yang dapat dinikmati oleh masyarakat umum.

Seni rupa menurut bahasa bisa diartikan dari kata-kata  penyusunnya. Seni rupa sendiri dibangun dari dua kata yaitu kata seni dan kata rupa. Kedua kata ini memiliki arti yang berbeda-beda. Kata seni memiliki arti sebuah cara menampilkan keindahan dalam bentuk karya, gerakan dan beberapa metode lainnya. Sedangkan kata rupa memiliki arti wujud atau sesuatu yang bisa dirasa, dilihat, diraba dan juga dinikmati.

Jika ditinjau dari bahasanya maka bisa disimpulkan jika seni rupa adalah sebuah cara menampilkan keindahan dalam bentuk karya yang bisa dirasa, dilihat, diraba dan juga dinikmati. Dalam konteks ini, apapun itu selama memiliki keindahan dan bisa dirasa, dilihat, diraba dan dinikmati maka termasuk ke dalam seni rupa.

Secara bahasa seni rupa memiliki arti yang cukup jelas dan mudah untuk dipahami. Penyusun kata-katanya sudah menggambarkan apa itu seni rupa yang sesungguhnya. Namun demikian, ada banyak sekali ahli seni rupa di dunia ini yang memberikan pendapatnya mengenai apa sebenarnya seni rupa itu. Semua pendapat dari para ahli ini juga bisa dijadikan rujukan agar lebih paham tentang apa itu seni rupa.

Proyek Pelajar Pancasila KEARIFAN LOKAL "Tumpeng Simbol Keragaman Budaya"

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. Proyek penguatan profil pelajar Pa...