Senin, 17 Agustus 2020

Rangkuman Materi SBdp kelas 5

 Bab 1 Motif Hias

  • Motif hias yakni bentuk dasar darisuatu bidang atau ruang yang membentuk sesuatu yang indah
  • Motif hias yang terdapat pada suatu kain makna tersendiri, contohnya yakni motif tumbuhan. Beberapa flora di antaranya bunga cengkih, bungan melati, dan bunga tanjung yang melambangkan kesucian.
  • Bentuk apresiasi motif hias sanggup dilakukan dengan cara mempelajari motif-motif hias yang ada di kawasan kita.
  • Gambar dekoratif yakni gambar hiasan yang digunakan untuk menghias sesuatu sehingga terlihat indah dan menarik. Keindahan gambar dekoratif terletak pada komposisi. warna, garis, dan bentuk motifnya.


Bab 2 Ragam Lagu Daerah

  • Musik Ansambel yakni musik yang disajikan secara bahu-membahu dengan memakai alat musik yang sejenis.
  • Musik Rakyat yakni musik kawasan yang lahir masyarakat perdesaan serta hidup di tengah-tengah rakyat. Musik rakyat pada umumnya dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu rakyat yang tidak diketahui penciptanya.
  • Musik Tradisional klasik merupakan musik tradisional pilihan yang dikembangkan di sentra pemerintah kerajaan. Contoh musik tradisional klasik sanggup ditemukan gamelan jawa, sunda, dan bali.
  • Musik kawasan mempunyai fungsi sebagai sarana upacara adat, pengiring tari, iringan pertunjukan, dan sarana bermain.


Bab 3 Mari Menari

  • Gerak dalam menari dibagi menjadi gerak murni dan gerak bermakna. Gerak murni yakni gerak yang mengandung unsur keindahan, tidak mempunyai makna, berfungsi menambah keindahan sebuah tarian.
  • Gerak bermakna yakni gerakan yang mengandung arti. Melalui gerakan itu, penari sanggup memberikan maksud yang terkandung dalam tarian. Contoh gerak tari bermakna contohnya gerakan berhias, mencangkul, dan menimang bayi.
  • Masing-masing tari kawasan mempunyai keunikan gerak, busana, dan perlengkapan tari. Gerak tari dari setiap kawasan berbeda-beda.
  • Properti yakni perlengkapan dan alat-alat yang digunakan untuk kegiatan menari.


Bab 4 Mari Berkarya

  • Meronce yakni teknik membuat benda pakai atau benda hias dari manik-manik, biji-bijian, atau materi lain yang sanggup dilubangi dengan alat tusuk sehingga sanggup dipakai. Benda pakai yang dibentuk dengan meronce antara lain : kalung, gelang, tirai pada jendela rumah, dan lain-lain.
  • Berikut ini yakni referensi benda pakai atau benda hias dengan teknik meronce.

    a. Roncean dari bunga biji-bijian atau manik-manik digunakan sebagai perhiasan atau aksesoris lainnya.

    b. Ronce dari bunga melati digunakan untuk perlengkapan aksesoris pengantin.

    c. Roncean dari kertas berwarna-warni digunakan sebagai hiasan pada jendela rumah.

    d. Roncean dari cangkang kerang digunakan sebagai tirai pada pintu atau jendela.
  • Salah satu permainan yang digerakkan dengan tali contohnya layang-layang, gangsing, yoyo, dan pancingan.


Bab 5 Seni Rupa

  • Motif hias yakni susunan pola hias yang memakai motif hias menurut kaidah-kaidah tertentu pada suatu bidang sehingga menghasilkan bentuk-bentuk yang indah. Keanekaragaman motif hias disebut juga ragam hias.
  • Sikap apresiatif terhadap karya seni rupa yakni kemampuan untuk menikmati dan menghargai karya seni rupa melalui kegiatan pendalaman, penghayatan, dan pengalaman berkarya.
  • Topeng yakni epilog muka dari kayu, kertas, atau materi lainnya yang mirip muka orang atau binatang.
  • Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum pelaksanaan ekspo sebagai berikut.

    a. Membentuk panitia

    b. Memilih hasil karya yang akan dipamerkan

    c. Menyiapkan lokasi pameran.

    d. Menyiapkan dekorasi

    e. Pelaksanaan pameran


Bab 6 Bermain Musik

  • Bermain musik ansembel gabungan yakni bermain musik secara bahu-membahu dengan menggabungkan beberapa alat musik.
  • Beberapa referensi alat musik tradisional yakni talempong, kenong, gender, bonang, dan gendang. Alat musik modern contohnya biola, terompet, dan gitar.
  • Jenis lagu wajib indonesia diantaranya lagu : indonesia raya dan Indonesia Pusaka.
  • Pertunjukkan yakni menampilkan karya musik yang dirancang untuk dinikmati oleh orang lain.
  • Dalam pertunjukkan musik hendaknya sanggup menentukan tempat yang memadai, gampang dilihat dan dinikmati oleh orang lain

Bab 7 Seni Tari Nusantara


  • Aneka tarian tarian tradisional nusantara kawasan lain terdapat hal-hal yang sangat unik. Keunikkannya tersebut sanggup dilihat melalui gerak, tata busana dan perlengkapan.
  • Fungsi busana tari yakni sebagai berikut.

    a. Membedakan masing-masing tugas atau tokoh

    b. Membantu menghidupkan etika penari

    c. memberi akomodasi dan membantu gerak (tidak memakai selendang atau panah)

    d. menambah keindahan penampilan dan kesopanan penari
  • Pergelaran yakni mempertunjukkan karya seni (musik dan tari kepada masyarakat semoga menerima jawaban dan penilaian )
  • Setelah pementasan tari selesai, tahap yang terakhir yakni evaluasi, pada tahap ini, akan dibahas perihal kekurangan maupun kelebihan dikala pementasan. Tahap ini merupakan bentuk perbaikan yang berkhasiat bagi pelaksanaan berikutnya. Dalam tahap ini diadakan pula pembubaran panitia. Sebelum panitia dibubarkan setiap seci mempertanggungjawabkan pekerjaannya masing-masing.


Bab 8 Mari Berkarya tahap 2

  • Benda-benda yang dibentuk dengan teknik makrame berkhasiat sebagai benda hias atau benda pakai.
  • Beberapa referensi hasil kerajinan dengan teknik makrame antara lain : gantungan peluit, tas gantung, dan tambang plastik, dan gelang tangan dari benang.
  • Bahan buatan pabrik yakni materi tali yang berasal dari serat sintesis. Jenis materi tali buatan pabrik ada tiga macam:

    a. Tali nilon yang bersifsat agak kaku, bewarna mengkilat, warnanya putih kekuning-kuningan, dan mempunyai tekstur yang halus.

    b. Tali metalik, merupakan adonan antara metal dan rayon, mempunyai penampilan sangat menarik alasannya yakni warna cerah dan mengkilat.

    c. Tali polyester, bewarna terang, teksturnya lembut, dan halus serta mengkilat
  • Contoh mainan yang digerakkan dengan tali yakni wayang dan boneka kertas.

Menangkal Miskonsepsi: Menuju Implementasi Kurikulum Merdeka yang Sukses

  Menangkal Miskonsepsi: Menuju Implementasi Kurikulum Merdeka yang Sukses Kurikulum Merdeka, diluncurkan Kemendikbudristek tahun 2022, ha...