Minggu, 02 Agustus 2020

Materi Tema 1 Sub Tema 3

Pelajari & catat informasi penting 

Pusat Pembuatan Gerabah di Dusun Klipoh
Dusun wisata di Klipoh merupakan pusat desa kerajinan pembuatan gerabah. Dusun tersebut terletak di desa Karanganyar, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang provinsi Jawa Tengah. Dusun klipoh berada tidak jauh dari objek wisata Candi Borobudur.  kegiatan dan proses pembuatan gerabah yang diwariskan secara turun-temurun terukir pada salah satu relief Candi Borobudur. Tradisi pembuatan gerabah di Dusun klipoh diperkirakan telah ada sebelum pembuatan candi Borobudur.

Sejak tahun 2000 Dusun klipoh mulai dikunjungi wisatawan. Wisatawan dapat mengikuti kegiatan proses pembuatan dan mencoba sendiri membuat gerabah. Beberapa hotel di sekitar kawasan Candi Borobudur memiliki paket kunjungan ke dusun klipoh.

Proses pembuatan gerabah di Lippo masih menggunakan teknik sederhana. Teknik ini berdasarkan pengetahuan yang diwariskan secara turun temurun. Pembuatan gerabah melalui berbagai proses antara lain pembentukan gerabah Proses pengeringan dengan menggunakan sinar matahari , dan proses pembakaran. Sebanyak 80% penduduk klipoh berprofesi sebagai pengrajin gerabah.

Berbagai produk gerabah yang dihasilkan di Klipoh antara lain Kendil, cobek ,blanker, kuali, cuwo dan wajan. Gerabah gerabah tersebut dijual dengan harga bervariasi antara Rp2.000 hingga Rp3.500. Bahan baku gerabah berupa tanah liat gerabah mereka beli dari pemilik tanah di Dusun tetangga yang di Dusun wadon Desa Karanganyar.

Contoh teks yang penulis sajikan di atas dapat digunakan sebagai bahan untuk pembelajaran menemukan ide pokok. Sebelum siswa dibelajarkan menemukan ide pokok, terlebih dahulu siswa diajak untuk menganalisis kata-kata sulit yang muncul pada teks tersebut.

Selanjutnya siswa diajak untuk menyelesaikan beberapa pertanyaan yang disusun oleh guru, terkait dengan pemahaman siswa terhadap teks yang telah dibaca. 

Berikut ini perlu disajikan beberapa daftar pertanyaan yang bisa digunakan dalam pembelajaran memahami teks yang dibaca.
1. Apakah ide pokok paragraf kedua pada bacaan tersebut di atas?
2. Sejak kapan Dusun wisata klipoh mulai didatangi oleh wisatawan?
3. Kegiatan apa yang dapat dilakukan wisatawan di Dusun wisata klipoh?
4.  Bagaimana teknik pembuatan gerabah?
5. Apa saja jenis gerabah yang dibuat masyarakat di desa tersebut?
6. Jelaskan istilah dibawah ini:
a. Pertanian
b. Perkebunan
c. Perikanan
d. Kehutanan
7. Jelaskan istilah dibawah ini:
a. Disersivikasi
b. Reboisasi
c. Tumpang sari
d. Rehabilitasi
e. Intensifikasi
f. Ekstensifikasi
8. Tulislah sebuah paragraf tentang keragaman di Indonesia.

Muatan PKN KD 3.1

Pada pembelajaran subtema 1 dan 2, tematik kelas 5 tema 1 sudah banyak dibahas mengenai nilai-nilai Pancasila. 

Namun pada kesempatan kali ini pada subtema 3 nilai-nilai Pancasila kembali dibelajarkan dan dimantapkan.

Berikut beberapa nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila.
1. Sila pertama. sila pertama Pancasila berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa.
Pada sila pertama warga negara Indonesia berhak untuk menjalankan dan memeluk agama sesuai dengan keyakinannya. 

Pada sila pertama ini pula, terkandung nilai bahwa setiap warga negara berhak untuk mendapatkan rasa aman dalam menjalankan ibadahnya. Kita tidak boleh memaksakan suatu agama terhadap orang lain. Hal tersebut sangat bertentangan dengan pengamalan sila pertama Pancasila.

Keberagaman agama yang ada di Indonesia, menjadi sebuah kekayaan bagi bangsa ini Dan juga untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan.

2. Sila ke-2, Kemanusiaan yang adil dan beradab. Pada sila ini menunjukkan bahwa setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban sebagai warga negara. Hak dan kewajiban tersebut harus dilaksanakan secara seimbang dan adil. Di sini juga diharapkan setiap warga negara memiliki Sikap tenggang rasa dan toleransi dalam kehidupan sosial.

3. Sila ke-3, Persatuan Indonesia. Pada sila ini kita dituntut agar selalu mencintai tanah air dan menjaga rasa persatuan dan kesatuan di dalam kerangka kebhinekaan. 

Sikap sikap positif yang harus dilakukan sesuai dengan sila ketiga Pancasila adalah mencintai produk produk dalam negeri, menghormati kebudayaan dari daerah lain, menjaga dan melestarikan kebudayaan daerah yang ada di seluruh Indonesia. 

Itulah beberapa sikap yang harus kita lakukan untuk menjaga sesuai dengan pengamalan sila ke-3.

4. Sila ke-4, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. 
Sikap yang sesuai dengan sila ini adalah senantiasa menunjukkan sikap musyawarah dalam merencanakan sesuatu.

Musyawarah yang dilakukan tentunya untuk mencapai mufakat. Ketika kemufakatan tidak tercapai maka dilakukan melalui pemungutan suara terbanyak atau yang dikenal dengan nama lain voting. 

Selain itu pula sikap yang sesuai dengan pengamalan sila keempat adalah berbicara yang santun saat bermusyawarah, menghormati perbedaan pendapat di dalam musyawarah, dan menerima hasil musyawarah dengan lapang dada.

5. Sila ke-5, menunjukkan setiap warga negara harus memiliki sikap gotong royong dan peduli antar sesama.
Memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan, merupakan salah satu wujud keadilan sosial Kepada seluruh masyarakat. 

Soal:
1. Uraikan secara singkat asal mula kata Pancasila!
2. Mengapa Pancasila menjadi cara pandang Bangsa Indonesia sekaligus dasar negara Indonesia?
3. Bagaimana cara kalian mengamalkan nilai nilai Pancasila dalam hidup sehari-hari?
4. Cari bukti sejarah isi sumpah Palapa mempersatukan Nusantara.
5. Berikan 3 contoh penerapan sila ke 3 Pancasila!
6. Apa yang melatar belakangi keragaman nusantara?
7. Apa yang kalian ketahui tentang Pancasila?
8. Uraikan sikap yang harus kita lakukan saat bermusyawarah!
9. Bagaimana cara kalian bekerjasama?
10. Gambar dan uraikan makna lambang sila 1 - 5!

 Muatan IPA, 
Cara membantu orang yang benar-benar membutuhkan pertolongan.
Pada pembelajaran subtema 3 dibahas tentang beberapa gangguan pada tulang.
Berikut ini akan kami sajikan beberapa gangguan pada tulang dan sendi.
1. Fraktura, adalah kondisi pada tulang karena kecelakaan atau terjatuh. Fraktura terbagi menjadi dua macam yaitu fraktura tertutup pada tulang yang tidak sampai menembus kulit dan fraktura terbuka pada tulang yang menembus kulit.

2. Fisura, adalah kondisi retak tulang karena benturan, terjatuh atau kecelakaan.

3. Keseleo, adalah gangguan pada persendian karena ligamen sendi tertarik. Keseleo terjadi karena adanya gerakan tiba-tiba atau melakukan gerakan yang tidak biasa.

4. Dislokasi, adalah pergeseran tulang karena robek atau tertariknya ligamen.

5. Memar sendi, adalah gangguan pada sendi karena selaput sendi robek.

6. Urai sendi, adalah memar sendi yang diikuti dengan lepasnya tulang dari persendian.

Selain gangguan pada tulang ada juga beberapa kelainan pada tulang. Berikut ini beberapa kelainan pada tulang.

1. Rakitis, adalah bentuk kaki O atau X. Kelainan ini terjadi sejak lahir penyebabnya saat hamil ibu kekurangan vitamin D dan kalsium.

2. Hidrosefalus adalah bentuk kepala membesar karena terjadi penggumpalan cairan dan pelebaran rongga otak. kelainan ini terjadi pada bayi sejak lahir.

3. Hidrosefalus kepala mengecil karena kelainan pertumbuhan tengkorak.

4. Osteoporosis adalah pengapuran tulang sehingga tulang menjadi lunak dan rapuh. osteoporosis terjadi pada golongan mana seiring bertambahnya usia

Kebiasaan salah dalam duduk, menyebabkan terjadinya bentuk tulang belakang yang tidak normal berikut ini kelainan pada tulang belakang.


A. Lordosis.
Lordosis terjadi jika tulang belakang melengkung ke depan sehingga kepala tertarik ke belakang.

B. Skoliosis.
Skoliosis terjadi jika tulang belakang melengkung ke arah samping sehingga badan tampak melengkung ke kanan atau ke kiri seperti huruf s.

C. Kifosis
Kifosis terjadi jika tulang belakang melengkung ke belakang sehingga penderita tampak seperti membungkuk.

 adanya gangguan dan kelainan pada tulang menyebabkan aktivitas manusia terganggu dan tidak berjalan maksimal.

Soal:
1. Jelaskan secara singkat tentang perbedaan fisura dan fraktura, sertakan contohnya!
2. Cari gambar gangguan organ gerak pasif dan tempel pada buku catatan kalian.
3. Bagaimana perbedaan lordosis, kifosis dan skoliosis?
4. Mengapa tulang bisa keropos?
5. Bagaiman cara terbaik menjaga kesehatan tulang?
6. Jelaskan yang dimaksud hydrosepalus!
7. Jelaskan secara singkat tentang oestoporosis!
8. Mengapa orang bisa saja terkena rakitis?

Muatan IPS
Merupakan negara maritim Apakah negara maritim itu?

Negara maritim adalah negara yang memiliki perairan yang luas. Selain sebagai negara maritim Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani.

Kondisi geografis yang membentang di wilayah Indonesia membuat banyak terdapat perbedaan dalam pekerjaan maupun kehidupan masyarakat. 

Selain keberagaman geografis Indonesia juga memiliki keragaman suku bangsa. Selain keberagaman suku Indonesia juga kaya akan keberagaman bahasa daerah. Bukan menjadi pemisah bagi bangsa Indonesia tetapi menjadi pemersatu dan mempererat tali persaudaraan.

 keragaman budaya tersebut tidak lepas dari kondisi geografis wilayah Indonesia yang luas. Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat luas di Asia Tenggara.

Indonesia terdiri dari 17000 pulau, diantaranya adalah Sumatera Kalimantan Jawa Sulawesi dan Papua.

Kini di setiap daerah tersebut sudah tersebar semua suku yang ada di Indonesia
Soal:
1. Mengapa Indonesia disebut negara kepulauan?
2. Mengapa Indonesia disebut negara maritim?
3. Tuliskan 2 faktor yang melatar belakangi bahwa Indonesia adalah negara Agraris.
4. Carilah informasi tentang Panca Usaha Tani.
5. Bagaimana kondisi geografis Indonesia!
7. Mengapa di Indonesia terdapat banyak gunung berapi?
8. Carilah gambar kenampakan alam dan tempel pada buku catatan kalian.
9. Jelaskan letak astronomis Indonesia.
10. Jelaskan letak geografis Indonesia.
11. Bagaimana dampak positif letak geografis Indonesia?
12. Bagaimana pengaruh letak geografis dan letak astronomis Indonesia?
13. Mengapa pulau Jawa menjadi pulau terpadat?
14. Tuliskan batas-batas NKRI!
15. Apa yang dimaksud ZEE?
16. Apa yang kalian ketahui tentang sistem pertanian tumpang sari?
17. Apa yang kalian ketahui tentang sistem subak pada masyarakat Bali?
18. Apa yang kalian ketahui tentang BMKG?
19. Apa saja faktor pendukung sistem pertanian modern?
20. Tuliskan hasil pertanian, perkebunan, kehutanan di Indonesia.


Muatan SBdP
Pada pembelajaran subtema 1 dan 2 sudah dibahas tentang gambar cerita salah satu gambar cerita adalah gambar kartun dan karikatur.

Gambar kartun dan karikatur banyak kita temukan pada gambar komik. komik adalah cerita bergambar yang bersifat lucu dan umumnya mudah dicerna. 

Dalam komik tidak hanya terdapat kamar tetapi juga beberapa kalimat kalimat yang mendukung alur cerita pada komik.

Kata-kata pada komik berfungsi untuk menjelaskan melengkapi dan memperdalam penyampaian gambar secara keseluruhan. 

Kata atau kalimat yang tertulis pada komik dibuat dalam bentuk gelembung-gelembung atau balon yang merupakan kalimat dari tokoh-tokoh tersebut.

Untuk lebih memperindah pembelajaran Anda bisa mengunduh beberapa gambar komik dengan gelembung percakapan.

Gambar tersebut bisa anda jadikan sebagai media pembelajaran bagi siswa yang selanjutnya disuarakan menambahkan kata-kata sesuai dengan alur cerita pada komik disebut.

Soal:
1. Buatlah komik singkat pada buku gambar kalian yang bertema tentang pertanian.
Cara mengerjakan.
a. Bagi buku gambar menjadi 4 bagian
b. Buatlah gambar karakter pendukung sertakan isinya
c. Warnai.
d. Upload pada lajur kerja kalian.

Proyek Pelajar Pancasila KEARIFAN LOKAL "Tumpeng Simbol Keragaman Budaya"

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. Proyek penguatan profil pelajar Pa...