Senin, 17 Agustus 2020

Macam Macam Seni Rupa

 Didalam sebuah karya seni rupa terdapat jenis-jenis atau macam–macam seni rupa dan memiliki arti yang berbeda–beda. Tentunya setiap jenis seni rupa pasti akan memiliki nilai estetika yang menakjubkan. Untuk menambah wawasan anda mengenai seni rupa, berikut adalah macam-macam dari seni rupa :

1. Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya seni rupa terbagi menjadi 2 macam yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni adalah karya seni yang dibuat untuk menuangkan ide dari seorang pembuatnya. Sedangkan seni rupa terapan adalah karya seni yang dibuat dengan tujuan untuk membantu aktifitas manusia.

2. Seni Rupa Berdsarkan Wujudnya

Wujud dari karya seni rupa ini sangat berbeda antara karya seni yang satu dengan yang lainnya. Akan tetapi secara umum seni rupa menurut wujudnya dibedakan menjadi 2 yaitu seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Pengertian seni rupa 2 dimensi adalah karya seni yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan dari satu arah.

Contoh karya seni rupa 2 dimensi adalah lukisan, ilustrasi dan sketsa. Sedangkan untuk pengertian seni rupa 3 dimensi adalah karya seni yang dapat dinikmati dari berbagai sisi. Contoh dari karya seni rupa 3 dimensi adalah patung, sebuah bangunan dan bunga yang terdapat dalam vas.

3. Seni Rupa Berdasarkan Masanya

Berdasarkan masanya seni rupa terbagi menjadi 3 macam yaitu seni rupa tradisional, seni rupa modern dan seni rupa kontemporer. Sifat yang dimiliki seni rupa tradisional ini adalah statis, dimana pola dan bentuknya selalu sama dari dulu hingga sekarang.

Seni rupa modern ini bersifat individualis, dimana sebuah karya seni diberi sentuhan berbagai  kreativitas. Sedangkan untuk seni rupa kontemporer adalah sebuah karya seni yang tercipta pada waktu tertentu dan memiliki sifat yang mengikuti perkembangan zaman.

Proyek Pelajar Pancasila KEARIFAN LOKAL "Tumpeng Simbol Keragaman Budaya"

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. Proyek penguatan profil pelajar Pa...