Minggu, 08 September 2019

Pembahasan UH kelas VI T2 ST2

A. JAWABAN

1. b. Sekutu
2. a. A.W.S Mallaby
3. d. Menolak dan siap berperang pertahankan kemerdekaan
4. b. I Gusti Ngurah Rai
5. d. Bung Tomo
6. a. Kerja sama antar rakyat
7. d. Memiliki kaki berselaput
8. c. Memiliki kulit yang bisa berubah warna
9. b. Bernafas dalam air
10. c. Minyak
11. b. Punuk yang digunakan untuk meyimpan cadangan makanan
12. d. Saling menghormati karena semua jenis rambut ciptaan Tuhan
13. b. Mudah
14. a. Terjadinya permusuhan dan perpecahan
15. d. Kerjasama adalah kunci keberhasilan
16. d. Basket
17. c. Persepuluhan
18. a. Perseribuan
19. c. 1,421
20. d. Bunglon
21. a. 0,125
22. a. 0,125 – 0,25 – 0,400 – 0,5
23. b. Menggulung dirinya menjadi bulat
24. d. Republik Indonesia Serikat
25. a. Agresi militer Belanda I

B. JAWABAN

1. Pahlawan
2. Persatuan
3. Menyaring makanan dalam air
4. Perseratusan
5. Persepuluh ribuan
6. 2,75
7. Palagan Ambarawa
8. Autotomi
9. Mengeluarkan bau yang menyengat
10. Mohammad Roem

C. JAWABAN


1. Pertempuran-pertempuran yang terjadi di Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan antara lain sebagai berikut :
- Pertumpuran di Surabaya
- Pertempuran di Ambarawa
- Pertempuran Bandung Lautan Api
- Pertempuran Medan Area
- Peristiwa Merah Putih di Manado
- Pertempuran Puputan Margarana di Bali

2. Contoh tingkah laku hewan dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungannya antara lain sebagai berikut :
- Cicak memutuskan ekornya ketika dikejar pemangsa
- Trenggiling menggulung tubuhnya menjadi bulat ketika terancam
- Opposum tidak bergerak dan berpura-pura mati ketika menghindari pemangsanya
- Walang sangit mengeluarkan  bau yang busuk untuk menghindari musuhnya
- Bunglon merubah warna kulitnya untuk menyamarkan diri
- Cumi-cumi melindungi diri dari musuhnya dengan cara menyemburkan cairan

3. Perundingan-perundingan yang dilakukan untuk mempertahankan kemerdekaan antara lain :
- Perundingan Linggarjati
- Perundingan Roem-Royen
- Konferensi Meja Bundar
- Perjanjian Renvile

4. Manfaaat kerjasama dalam kehidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut :
- Mempererat persatuan dan kesatuan
- Mempererat pertemanan atau persahabatan
- Pekerjaan bisa terselesaikan dengan lebih mudah
- Meringankan sebuah tugas atau pekerjaan
- Membina kerukunan dalam masayarakat

5. Diketahui :
- Buah apel yang dibeli Sandi = 2,5 Kg
- Buah jeruk yang dibeli Dina  = 1 3/4  Kg  = 1,75 Kg
- Buah anggur yang dibeli Yusuf  = 3 1/2  Kg  = 3,5 Kg

a. Jumlah berat semua buah jika digabungkan dalam bentuk desimal!
= 2,5 Kg + 1,75 Kg + 3,5 Kg
= 2,50 Kg + 1,75 Kg + 3,50 Kg
= 7,75 Kg

b. Selisih berat buah yang dibeli Sandi dan Dina dalam bentuk desimal!
= 2,5 Kg – 1,75 Kg
= 2,50 Kg – 1,75
= 0,75 Kg

c. Selisih berat buah yang dibeli Yusuf dan Dina dalam bentuk desimal!
= 3,5 Kg -  1,75 Kg
= 3,50 Kg – 1,75 Kg
= 1,75 Kg

Proyek Pelajar Pancasila KEARIFAN LOKAL "Tumpeng Simbol Keragaman Budaya"

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. Proyek penguatan profil pelajar Pa...