Minggu, 08 September 2019

IKLAN

Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum. Pemberitahuan dilakukan supaya orang tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan dapat disampaikan melalui media cetak, audio, dan elektronik.

Berdasarkan media yang digunakan iklan dapat dikelompokkan menjadi iklan media elektronik dan iklan  Ikmedia cetak. Iklan cetak adalah iklan yang penyebarannya dilakukan melalui media cetak. Contoh iklan cetak antara lain; poster, spanduk, baliho, reklame, iklan baris di koran, flyer atau selebaran.

Sedangkan eklan elektronik adalah iklan yang penyebarannya melalui media elektronik. Contoh dari iklan elektronik antara lain; iklan di TV, iklan di radio, iklan di Internet. Iklan di internet ini masih terbagi menjadi beberapa jenis, antar lain; banner, iklan baris, straming dll. Iklan baik media cetak maupun elektronik memiliki unsur-unsur berikut.
  1. Nama produk.
  2. Gambar yang menarik.
  3. Kalimat iklan.
  4. Keunggulan produk.
  5. Harga produk.
  6. Nomor telepon.
  7. Alamat pengiklan.

Iklan yang baik tentu harus menggunakan bahasa yang baik. Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan dalam media cetak memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut.
  1. Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
  2. Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti.
  3. Menggunakan kata konotasi positif.
  4. Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.


Interaksi (muatan IPS)
Interaksi sosial ialah suatu hubungan yang ada di antara dua atau bahkan lebih dari individu manusia. Yang mana perbuataan dari individu ini akan mengubah, mempengaruhi bahkan bisa memperbaiki kelakuan dari individu yang lainnya. interaksi sosial juga tidak sekedar berbicara mengenai tindakan tapi tindakanlah yang bisa mempengaruhi individu yang lainnya.”
Komunikasi ini memiliki 4 unsur yang terdiri dari pesan, umpan balik, media komunikasi atau komunikator dimana merupakan pengirim dan penerima.
  • Pengirim
  • Penerima
  • Media
Media juga terdiri dari 4 kelompok yakni media massa, media kelompok, media publik dan juga media antara pribadi.
  • Feed back adalah umpan balik dari raksi yang di lakukan oleh penerima kepada pesan yang telah di terima
Pengertian Hubungan Sosial adalah interaksi antara satu orang dengan orang yang lainnya untuk tujuan relasi, tidak hanya individu saja yang masuk dalam kategori hubungan sosial ini, sangat lebar sekali jangkauannya meskipun itu kelompok masih sangat erat hubungannya dengan sosial.

Proyek Pelajar Pancasila KEARIFAN LOKAL "Tumpeng Simbol Keragaman Budaya"

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. Proyek penguatan profil pelajar Pa...