Selasa, 10 September 2019

Pembahasan soal USEK Bahasa Indonesia kelas VI Tahap 3

A. JAWABAN

1. c. Siswa SMPN 2 Rembang mengadakan kunjungan ke makam RA Kartini
2. d. Kepala sekolah SMPN 2 Rembang tidak mengapresiasi kegiatan literasi
3. a. Mengetahui sejarah kabupaten Rembang
4. b. Pendidikan
5. c. Penguatan pendidikan karakter
6. d. Daftar riwayat hidup
7. b. Imajinasi
8. d. Gaya berpakaian
9. b. Tempat pengamatan
10. c. Kritik
11. d. Nama buah
12. b. Para guru sedang mendengar pidato dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional
13. c. 4
14. d. Penipu
15. b. Rusa
16. d. Nurul : “Rina, mari kita pergi ke perpustakaan.”
17. b. Laporan perjalanan
18. a. Rencana bermain bola
19. d. Orang yang dirindukan telah meninggal 
20. a. Alur
21. c. Perjuangan pahlawan
22. d. Pahlawan menggunakan senjata yang lengkap
23. b. Memberikan saran
24. d. Tolong kamu jaga sikapmu, berpakaianlah yang rapi di tempat ini.
25. c. Kerja keras

B. JAWABAN

1. Lengkap / Jujur
2. Prestasi
3. Membangun
4. Pada, Rani, Ahmad, Cahaya, Sentosa.
5. Antagonis
6. Palembang, 25 Januasi 2016
7. Amanat
8. Parafrase
9. Pak Jaya akan lewat Jln. Merbabu pada pukul 12.40 WIB. 
10. Cerita

C. JAWABAN

1. Hal-hal yang biasa ditulisakan dalam daftar riwayat hidup, di antaranya adalah sebagai berikut :
- Nama lengkap
- Tempat dan tanggal lahir
- Agama
- Jenis kelamin
- Alamat
- Nama ayah / ibu
- Anak ke-
- Golongan darah
- Tinggi badan
- Berat badan
- Riwayat Pendidikan
- Riwayat Pekerjaan
- Hobi
- Prestasi

2. Hal-hal yang perlu dituliskan dalam laporan pengamatan :
- Obyek yang di amati
- Waktu pengamatan
- Tempat pengamatan
- Pokok-pokok pengamatan
- Hasil pengamatan

3. Penggunaan huruf kapital pada kalimat.
a. Pak Rendi pergi ke Bandung kemarin bersama Budi.
b. Atas perhatian Saudara, kami mengucapkan terima kasih
c. Drs. Prasetya adalah nama paman saya yang bekerja di Balikpapan
d. Roni sedang membaca novel yang berjudul Laskar Pelangi

4. Unsur-unsur intrinsik dalam cerita :
- Tema
- Tokoh
- Watak
- Alur
- Latar
- Sudut pandang
- Amanat

5. Mengkrikt dengan baik disertai saran :
a. Kamu melihat temanmu membuang sampah ke sungai.
Kritikan : “Maaf, sebaiknya kamu jangan membuang sampah ke sungai seperti itu. Hal itu bukan perbuatan yang baik. Itu bisa menyebabkan banjir, sebaiknya kamu membuangnya ke tempat sampah.”

b. Kamu melihat temanmu yang suka mencontek.
Kritikan : “Janganlah kamu terus-terusan mencontek. Hal itu perbuatan yang tidak baik, itu membuatmu menjadi malas berpikir. Sebaiknya dirimu berusaha untuk mengejarkannya sendiri dan belajar lebih rajin.”

c. Kamu melihat seorang temanmu yang suka berkata kasar.
Kritikan : “Berkata kasar itu tidak baik, itu bisa membuat orang lain terluka hatinya. Bisa-bisa nanti kamu hanya punya sedikit teman. Sebaiknya kamu mulai membiasakan diri untuk berkata lebih sopan dan baik.”

Menangkal Miskonsepsi: Menuju Implementasi Kurikulum Merdeka yang Sukses

  Menangkal Miskonsepsi: Menuju Implementasi Kurikulum Merdeka yang Sukses Kurikulum Merdeka, diluncurkan Kemendikbudristek tahun 2022, ha...