Senin, 17 Februari 2020

SOAL ULANGAN IPA MIXING KELAS 5

alvonsus glori

Bagian A

BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!
1. Panas dapat berpindah dari ….
a. Benda bersuhu rendah ke benda bersuhu tingggi
b. Benda bersuhu tinggi ke benda bersuhu rendah
c. Benda bersuhu rendah ke benda bersuhu minus
d. Benda bersuhu nol ke benda bersuhu 100
2. Radiasi adalah proses perpindahan panas dengan ….
a. Tanpa zat perantara
b. Tanpa perantara cahaya
c. Perantara logam
d. Dengan zat perantara
3. Perpindahan panas melalui zat perantara dinamakan ….
a. Konveksi
b. Radiasi
c. Konduksi
d. Konjungsi
4. Air yang dimasak dalam panci bisa mendidih merata ketika dipanaskan termasuk perpindahan panas secara ….
a. Konveksi
b. Konduksi
c. Respirasi
d. Evaporasi
5. Benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik dinamakan ….
a. Konvektor
b. Konduktor
c. Isolator
d. Radiator
6. Alat di bawah ini yang memiliki cara kerja pepindahan panas secara konduksi adalah ….
a. Lampu pijar
b. Kompor
c. Setrika
d. Oven
7. Contoh pepindahan panas secara radiasi seperti ….
a. Memasak air hingga mendidih
b. Menggoreng ikan dalam wajan
c. Gagang panci yang terasa panas saat memasak
d. Rasa hangat di depan api unggun
8. Terjadinya angin darat dan angin laut termasuk perpindahan panas secara ….
a. Konduksi
b. Radiasi
c. Konduktor
d. Konveksi
9. Perpindahan panas secara konveksi dapat terjadi pada benda ….
a. Padat dan cair
b. Cair dan gas
c. Gas dan padat
d. Padat dan keras
10. Di bawah ini yang termasuk benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik adalah ….
a. Karet
b. Kertas
c. Besi
d. Gabus
11. Para nelayan pergi ke laut pada malam hari antara lain karena pada malam hari terjadi ….
a. Perpindahan panas yang menyebabkan angin bertiup dari darat ke laut
b. Perpindahan panas yang menyebabkan angin bertiup dari laut ke darat
c. Perpindahan panas yang menyebabkan angin di laut menjadi tenang
d. Perpindahan panas yang menyebabkan air laut mengalir dari pantai ke tengah laut
12. Masyarakat nelayan di perbagai wilayah di Indonesia mempunyai tradisi yang berbeda-beda di daerahnya. Mereka bersatu saling bekerja sama dalam menyukseskan kegiatan-kegiatan tradisi tersebut. Hal ini merupakan contoh sikap yang mencerminkan Pancasila sila ….
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
13. Tradisi berburu ikan paus dilakukan oleh masyarakat nelayan di ….
a. Lamalera, Nusa Tenggara Timur
b. Karimun Jawa, Jawa Tengah
c. Raja Ampat, Papua
d. Denpasar, Bali
14. Tradisi nelayan di setiap daerah di Indonesia memiliki keragaman kearifan lokal yang berbeda-beda, maka dari itu kita perlu menjunjung sikap ….
a. Mengkritik jika tidak sepandangan
b. Toleransi dan saling menghargai
c. Merasa paling baik di antara yang lain
d. Saling menilai dan membandingkan
15. Hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia diatur dalam ….
a. Pancasila
b. KUHP
c. UUD 1945
d. Teks Proklamasi
16. Pak Santoso tidak takut untuk memberikan pendapatnya ketika sedang musyawarah bersama warga desa Sukamakmur, hal itu karena Pak Santoso mengetahui bahwa setiap warga negara berhak untuk ….
a. Tampil hebat di musyawarah
b. Menjadi pemimpin musyawarah
c. Mengeluarkan  pendapatnya
d. Memaksakan pendapatnya
17. Setiap warga negara berhak untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran, hal itu diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pasal ….
a. 31 Ayat 1
b. 32 ayat 2
c. 33 ayat 1
d. 28 ayat 2
18. Berikut ini yang tidak termasuk kewajiban sebagai warga negara adalah ….
a. Membayar pajak dan retribusi
b. Mempertahankan kedaulatan bangsa
c. Menghormati hak asasi manusia
d. Berkumpul dan berorganisasi di masyarakat
19. Bersekolah mengikuti pendidikan dasar merupakan sebuah ….
a. Hak
b. Kewajiban
c. Hobi
d. Paksaan
20. Menjalankan hak dan kewajiban harus disertai dengan ….
a. Paksaan
b. Imbalan
c. Tanggung jawab
d. Hadiah
21. Petani, pedagang dan nelayan mempunyai kewajiban yang sama dalam pekerjaannya yaitu …
a. Bekerja dengan baik
b. Menggunakan bahan bakar minyak
c. Menjual dagangan ke pasar
d. Melaporkan hasilnya ke kepala desa
22. Kewajiban sebagai seorang pelajar ketika di sekolah antara lain ….
a. Mengerjakan PR
b. Mendapat pelajaran
c. Disayangi teman
d. Menjaga ketertiban
23. Tari Saman dari Aceh mempunyai pola lantai berbentuk ….
a. Vertikal
b. Horizontal
c. Melengkung
d. Lingkaran
24. Tari Sekapur Sirih dari Bengkulu mempunyai pola lantai berbentuk ….
a. Huruf V
b. Garis melengkung ke depan
c. Segi empat
d. Vertikal
25. Jenis pola lantai dalam tarian yang berupa para penari membentuk garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya seperti pada Tari Serimpi dari Jawa Tengah dinamakan pola lantai ….
a. Hoizontal
b. Diagonal
c. Oval
d. Vertikal
B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Panas matahari sampai ke bumi dengan cara ….
2. Perpindahan panas yang disertai dengan perpindahan zatnya dinamakan ….
3. Benda yang tidak dapat menghantarkan panas dengan baik dinamakan ….
4. Indonesia adalah negara kepulauan yang sebagaian besar wilayahnya adalah perairan sehingga disebut sebagai negara ….
5. Angin laut terjadi pada waktu ….
6. Setiap warga negara berhak atas  pekerjaan dan penghidupan yang layak, hal itu diatur dalam ….
7. Menjunjung tinggi dasar negara adalah merupakan ….. sebagai warga negara.
8. Mendapatkan pendidikan dan perhatian dari guru merupakan contoh ….. siswa di sekolah.
9. Tari Kecak dari Bali mempunyai bentuk pola lantai berbentuk  ….
10. Jenis pola lantai dalam tarian yang berupa para penari membentuk garis lurus dari kiri ke kanan atau sebaliknya dinamakan pola lantai ….

C. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Jelaskan 3 bentuk perpindahan panas!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
2. Sebutkan 3 contoh perpindahan panas secara radiasi!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
3. Sebtukan 3 hak dan kewajiban yang dimiliki setiap warga negara Indonesia!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
4. Sebutkan hak dan kewajiban sebagai seorang pelajar di sekolah!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
5. Sebutkan benda-benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik dalam proses konduksi!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

BAGIAN B

1. Perpindahan panas dengan melalui zat perantara dinamakan …..
a. Konduksi 
b. Radiasi 
c. Konveksi 
d. Respirasi
2. Ketika sedang memasak sayur, ibu menggunakan adukan sayur yang terbuat dari gagang kayu. Adukan dengan gagang kayu dipilih ibu karena ….
a. Bisa menghantarkan panas dengan baik 
b. Bisa membuat masakan menjadi tambah enak 
c. Panas air sayur akan terasa di tangan
d. Kayu tidak bisa menghantarkan panas dengan baik
3. Benda-benda di bawah ini yang termasuk konduktor adalah ….
a. Kayu dan kaca 
b. Besi dan alumunium 
c. Plastik dan karet 
d. Gabus dan kain
4. Gagang panci banyak yang dibuat dengan benda isolator agar tangan ….
a. Tidak terasa berat 
b. Terasa semakin kuat 
c. Merasakan panas 
d. Tidak terhantari panas
5. Silikon adalah benda yang bisa menghantarkan panas, namun benda ini tidak sebaik benda konduktor dalam menghantarkan panas. Maka silikon ini termasuk benda ….
a. Isolator 
b. Superkonduktor 
c. Semikonduktor 
d. Megakonduktor
6. Contoh benda di rumah yang memiliki konduktor dan isolator di dalamnya adalah ….
a. Sendok 
b. Garpu 
c. Setrika 
d. Piring
7. Pencipta termos pertama kali adalah ….
a. Sir James Dewar 
b. Thomas Alva Edison 
c. Albert Einstein 
d. James Watt
8. Bagian tutup sumbat termos biasanya terbuat dari benda berjenis ….
a. Isolator 
b. Konduktor 
c. Semikonduktor 
d. Generator
9. Fungsi dinding kaca bagian dalam pada termos adalah untuk ….
a. Memanaskan air dalam termos 
b. Mencegah perpindahan panas secara konduksi 
c. Memantulkan panas dari dalam termos
d. Mencegah air menguap keluar
10. Benda di bawah ini yang berbahan isolator berupa plastik adalah ….
a. Mata pisau 
b. Pegangan setrika 
c. Kabel listrik 
d. Spatula
11. Panci, wajan dan dandang banyak dibuat dari bahan ….
a. Logam 
b. Emas 
c. Kayu 
d. Karet
Benda Berjenis Konduktor dan Isolator di Kehidupan Sehari-Hari
Benda konduktor dan isolator sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Mulai dari kita bangun tidur sampai kita tidur lagi. Banyak sekali benda-benda tersebut yang kita gunakan atau digunakan oleh orang-orang di sekitar kita. Dari mulai peralatan dapur, peralatan makan, peralatan mandi dan peralatan bersih-bersih. Benda konduktor dan isolator memang mempunyai kegunaan masing-masing bagi kehidupan kita.
Ketika di rumah kita bisa menemukan benda-benda konduktor pada peralatan memasak. Seperti wajan, panci, spatula dan sebagainya. Benda-benda tersebut biasanya terbuat dari logam. Sifat logam yang bisa menghantarkan panas dengan baik, sangat cocok dijadikan sebagai peralatan memasak. Sifat hantaran panas yang baik membuat masakan bisa cepat matang. Selain itu benda konduktor biasanya juga akan tahan dengan api. Sehingga akan awet dan tidak mudah rusak.
Benda-benda isolator banyak juga bisa kita temukan di rumah. Seperti gayung, gayung banyak terbuat dari bahan plastik. Jika kita mengambil air panas dengan gayung, maka tangan kita tidak akan terasa panas ketika memegang gayung tersebut. Lalu di berbagai perlatan memasak pun bisa kita temukan benda-benda isolator. Biasanya benda-benda isolator itu justru ditempelkan atau ikut terpasang pada benda seperti panci, wajan, spatula. Pada pegangan panci, pegangan wajan atau ujung spatula banyak dibuat atau dipasangi benda konduktor seperti karet atau kayu. Hal itu dimaksudkan supaya saat kita mengangkat panci atau wajan tersebut tangan kita tidak terasa panas.
12. Isi paragraf pertama adalah tentang ….
a. Contoh benda-benda konduktor yang ada di rumah
b. Contoh benda-benda isolator yang ada di rumah 
c. Banyak peralatan di rumah yang termasuk konduktor dan isolator
d. Bahaya benda kondukor dan isolator yang ada di rumah
13. Mengapa banyak pegangan panci dan wajan terbuat karet atau kayu?
a. Agar tangan terasa lembut ketika memegangnya
b. Agar air panas bisa awet dan tahan suhunya
c. Agar api bisa cepat menyala ketika memasak
d. Agar tangan tidak terasa panas ketika memegangnya
14. Berikut ini adalah hal-hal penting yang ada pada paragraf kedua, kecuali ….
a. Banyak peralatan memasak yang merupakan konduktor
b. Benda konduktor tidak tahan dengan api
c. Bahan logam banyak dipakai untuk peralatan memasak
d. Wajan dan panci termasuk benda yamh terbuat dari bahan kondukor
15. 

Gambar cerita pada sampul buku di atas memberi kesan tentang ….
a. Enam orang anak yang sedang kerja bakti lingkungan
b. Enam orang anak yang sedang semangat piket kelas
c. Enam orang anak yang mengikuti lomba menggambar

d. Enam orang anak yang belajar tentang ekosistem
16. Fungsi gambar cerita anara lain adalah ….
a. Membuat orang malas membaca tulisan
b. Memperjelas alur atau isi cerita
c. Menyembunyikan pesan rahasia
d. Membuat orang lain ingin menggambar
17. Media di bawah ini yang sering diberi gambar cerita adalah …..
a. Poster 
b. Nota 
c. Kwitansi 
d. Label
18. Gambar cerita dapat dibuat dengan teknik basah, seperti dengan menggunakan media ….
a. Cat air 
b. Pensil 
c. Krayon 
d. Pulpen
19. Kelebihan menggunakan teknik kering ketika membuat gambar cerita adalah ….
a. Gambar terlihat mahal dan mewah 
b. Warna bisa berubah-ubah sendiri 
c. Detail obyek lebih mudah dibentuk 
d. Mudah membuat warna yang cemerlang
20. Salah satu penyebab permasalahan sosial bisa terjadi adalah karena sikap masyarakat yang ….
a. Suka mengkritik 
b. Tidak bertanggungjawab
b. Suka menolong 
d. Sering mengeluh
21. Permasalahan sosial yang disebabkan karena warga yang tidak mematuhi lalu lintas adalah ….
a. Sampah menumpuk 
b. Pengangguran 
b. Bangunan liar 
d. Kemacetan
22. Cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah adanya sampah yang berserakan di sekolah adalah ….
a. Memasang rambu-rambu lalu lintas 
b. Menyediakan tong sampah yang cukup 
c. Mengganti kegiatan belajar dengan bersih-bersih 
d. Melarang adanya penjual makanan di sekolah
23. Salah satu akibat yang ditimbulkan dari masalah sosial berupa kenakalan remaja adalah ….
a. Lingkungan sering terjadi bencana 
b. Lingkungan menjadi tidak aman dan nyaman 
c. Lingkungan menjadi sering nampak sepi
d. Lingkungan menjadi semakin bersih
24. Pemerintah giat melakukan pelatihan usaha untuk masyarakat. Hal ini adalah salah satu upaya mengatasi masalah sosial berupa ….
a. Gizi buruk 
b. Sampah 
c. Kemacetan 
d. Kemiskinan
25. Berikut ini yang tidak termasuk masalah sosial berupa kenakalan remaja adalah ….
a. Perkelahian antar pelajar
b. Merokok dan mabuk-mabukan
c. Menggunakan obat terlarang dan narkoba
d. Mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah
B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Peralatan masak di dapur yang termasuk konduktor seperti ….
2. Benda yang tidak dapat menghantarkan panas dengan baik dinamakan ….
3. Logam banyak dipakai untuk membuat peralatan memasak karena sifatnya yang …..
4. Bagian termos yang berfungsi untuk mencegah kemungkinan panas hilang dari dalam atau masuk ke dalam termos dengan konveksi adalah ….
5. Karet penahan kaca yang ada di dalam termos berfungsi untuk ….
6. 

Gambar cerita di atas memberi kesan tentang delapan anak yang membiasakan ….

7. Pensil dan krayon adalah contoh media yang dipakai dalam membuat gambar cerita dengan teknik ….
8. Penyediaan lapangan pekerjaan yang banyak adalah salah satu cara mengatasi masalah sosial berupa banyaknya ….
9. Bangunan liar yang berada dipinggir sungai dapat menyebabkan terjadinya bencana ….
10. Salah satu penyebab kemacetan lalu lintas adalah karena sikap pengguna jalan yang ….
C. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Sebutkan contoh benda konduktor dan isolator!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
2. Sebutkan bagian-bagian dari termos!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
3. Sebutkan fungsi gambar cerita!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
4. Sebutkan contoh masalah sosial yang terjadi di masyarakat!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
5. Berilah contoh kenakalan remaja yang sebaiknya kita hindari!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

Proyek Pelajar Pancasila KEARIFAN LOKAL "Tumpeng Simbol Keragaman Budaya"

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. Proyek penguatan profil pelajar Pa...