Minggu, 07 Oktober 2018

Wakil Gubernur Jawa timur Gus Ipul berikan SDK Sang Timur Pasuruan Penghargaan Adiwiyata Propinsi

Andalkan area hijau yang luas dan kadar oksigen terbaik di Kota Pasuruan.
Luar biasa. Itulah kata yang pantas untuk menggambarkan prestasi SDK Sang Timur Pasuruan. Sekolah yang berada di Pantura Jawa Timur Kota Pasuruan ini berhasil meraih Penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Timur. Penghargaan Adiwiyata itu diberikan secara langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Gus Ipul di Paiton bersamaan peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-dunia dan peringatan hari Konservasi Nasional 2018.
Dengan demikian, SDK Sang Timur Pasuruan berhak mendapatkan tiket penilaian Penghargaan Adiwiyata tingkat Nasional. "Target kami adalah bisa mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat Nasional," ujar Kepala sekolah SDK Sang Timur Pasuruan Sr. Ursula PIJ, S.Pd., M.M. saat ditemui pada Jumat (25/9).
Menghadapi penilaian Adiwiyata tingkat Nasional, SDK Sang Timur Pasuruan tidak mau sampai disini. Sejak dinyatakan lolos ke tingkat nasional pada Selasa, 25 September 2018 kemarin SDK Sang Timur Pasuruan langsung mempersiapkan diri guna mencapai prestasi skala Nasional.
Produk andalan sekolah yaitu lahan hijau sekolah terluas dan kadar oksigen terbaik hanya dimiliki oleh SDK Sang Timur Pasuruan, Taman bermain dan belajar hijau, pembibitan tanaman obat dan tanaman hias serta Hutan Sekolah akan jadi senjata pamungkas untuk membawa Adiwiyata Nasional ke bumi SDK Sang Timur Pasuruan.
Apa yang dimiliki SDK Sang Timur Pasuruan tidak ditemui di sekolah lain. Karena SDK Sang Timur Pasuruan berada di dataran rendah dengan iklim yang cenderung panas tetapi bisa menciptakan kondisi dan situasi yang hijau bersih dan segar.
Sebagian wilayah SDK Sang Timur Pasuruan masih terdapat banyak lahan kosong dan ini kami manfaatkan untuk pertanian. Kami punya pohon minyak kayu putih, malaga, kelampok darsono yang kami rawat dan andalkan. Ini merupakan aset yang berharga," ujarnya.
Secara terpisah, Sr. Ursula PIJ, S.Pd.,M.M. mengatakan bahwa "Kerja keras kami terbayar lunas dengan penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi Jatim," ujarnya. Dia mengatakan, keberhasilan itu menjadi motivasi untuk bisa meraih tiket Adiwiyata Nasional. "Kami akan lebih kerja keras dengan semangat berlipat-lipat lagi agar mendapatkan Adiwiyata Nasional," ujarnya.
Keberhasilan meraih Penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Timur tersebut tidak terlepas dari dukungan dan peran serta berbagai pihak. Dukungan yang muncul mulai dari Wali Kota Pasuruan, Dinas Lingkungan Hidup & Kebersihan Pertamanan (DLHKP) Kota Pasuruan, guru, siswa, dan karyawan SDK Sang Timur Pasuruan.
Semoga dengan genggaman penghargaan Adiwiyata tingkat provinsi ini menjadikan tambahan koleksi prestasi SDK Sang Timur Pasuruan sebagai sekolah terbaik di Kota Pasuruan Jawa Timur.
Salam Adiwiyata

Proyek Pelajar Pancasila KEARIFAN LOKAL "Tumpeng Simbol Keragaman Budaya"

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. Proyek penguatan profil pelajar Pa...