Minggu, 07 Oktober 2018

SINAR PRAPANCA SDK Sang Timur Pasuruan Masuk Nominasi Perpustakaan Terbaik di Jawa Timur

Sejarah tercipta karena ada kemauan untuk bertindak dan meninggalkan jejak yang dapat dibuktikan dengan adanya peninggalan baik berupa catatan atau arsip begitulah cuplikan syair yang ditulis oleh Seorang Empu Prapanca sang legendaris dan tokoh penting dibalik kisah perjalanan Majapahit sebagai kerajaan terbesar nusantara pada masa itu.
Ia telah menorehkan warisan penting perjalanan dan kehidupan di jaman kerajaan Majapahit dalam Kitab Negara Kertagama. Sebagai sang Literat yang cerdas, melalui pemikiran dan gagasan nya Ia memiliki peranan penting dalam menumbuhkan wawasan dan pengetahuan di masa itu.
Ir. Soekarno sebagai presiden yang cerdas memiliki kemampuan berpikir kritis, berani dan tegas hingga mampu membakar semangat bangsa ini sebagai bangsa besar yang bermartabat dan hebat. Ia mampu menguasai 12 Bahasa Internasional dan memiliki banyak peninggalan literasi sebagai sang kreator bangsa.
Mantan Presiden Indonesia sekaligus Bapak Bangsa, Gusdur pernah mengatakan, Perpustakaan adalah tempat untuk memenuhi dahaga ilmu pengetahuan,dan sekalipun raga terpenjara, namun keingintahuan otak kita harus liar, yakni dengan membaca, karena buku merupakan jendela dunia.
Beranjak dari catatan sejarah itulah SDK Sang Timur Pasuruan mengimplementasikan arah berpikir pada kemajuan pendidikan terutama dalam peningkatan literasi melalui perpustakaan sekolah. SDK Sang Timur Pasuruan telah menetapkan "Sinar Prapanca" sebagai nama Perpustakaan sekolah melalui Surat Keputusan Kepala Sekolah. Selain itu, perpustakaan SDK Sang Timur Pasuruan menjadi pusat literasi ramah anak yang menyenangkan sehingga para peserta didik yang hendak berkunjung ke sana menjadi betah dan memiliki semangat membaca yang tinggi.
Pasalnya, saat ini SDK Sang Timur Pasuruan yang berlokasi di Jl. Hayam Wuruk no 20 kota Pasuruan tengah beradu dan bersaing dengan sekolah unggul lainnya. Bagaimana tidak, pada hari Sabtu (01/09) keluar surat edaran dari Dinas Perpustakaan Arsip Kota Pasuruan bahwa SDK Sang Timur Pasuruan telah menembus tiga nominasi lomba perpustakaan tingkat kota, sekaligus menjadi satu-satunya sekolah swasta di Kota Pasuruan.
Hal itu membuktikan bahwa SDK Sang Timur Pasuruan merupakan barometer literasi yang mampu menggerakkan seluruh warga sekolah dengan pembiasaan budaya membaca, dan pada hari ini Selasa 4 September 2018 akan dilakukan verval oleh Dinas Arsip dan dokumen, Perpustakaan Nasional Kota Pasuruan.
Disamping itu, SDK Sang Timur Pasuruan juga mempunyai peluang untuk membawa pulang Juara 1, karena saat ini masih harus bersaing dengan beberapa sekolah lainnya.
Prestasi yang tengah diukir oleh SDK Sang Timur Pasuruan tersebut sontak mendapat apresiasi dan respon positif langsung dari Kepala Sekolah Sr. Ursula PIJ, S.Pd., M.M yang saat ini tengah bertugas di luar kota.
Ia mengungkapkan kekagumannya dan mengapresiasi seluruh warga SDK Sang Timur Pasuruan yang dapat bekerjasama satu sama lain dalam upaya memajukan sekolah.
“Saya mengapresiasi atas kerja keras semua stake holder dan terus meningkatkan kualitas, kapabilitas dalam mengukir prestasi dibidang apapun. Hal ini merupakan salah satu bukti nyata, untuk membuat masyarakat percaya bahwasannya juga mampu bersaing dengan lembaga lainnya dalam memfasilitasi anak didiknya,“ ungkapnya.
Sr. Ursula PIJ, S.Pd., M.M juga menambahkan bahwa misi SDK Sang Timur Pasuruan meningkatkan kualitas akademik dan non akademik bukan hanya sebatas semboyan.
Diakhir pesan messangernya ia berharap, prestasi tersebut mampu mendorong SDK Sang Timur Pasuruan untuk bisa terus mengukir sejarah dan prestasi yang lebih baik.
Salam literasi
Salam progresif

Proyek Pelajar Pancasila KEARIFAN LOKAL "Tumpeng Simbol Keragaman Budaya"

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. Proyek penguatan profil pelajar Pa...