Rabu, 17 Oktober 2018

Pencernaan Manusia Tema 3 Sub Tema 1 Kelas 5

Sistem Pencernaan Manusia

Sistem pencernaan merupakan sistem yang memproses mengubah makanan dan menyerap sari makanan yang berupa nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sistem pencernaan juga akan memecah molekul makanan yang kompleks menjadi molekul yang sederhana dengan bantuan enzim sehingga mudah dicerna oleh tubuh.
Sistem pencernaan pada manusia hampir sama dengan sistem pencernaan hewan lain yaitu terdapat mulut, lambung, usus, dan mengeluarkan kotorannya melewati anus. Proses pencernaan pada manusia terbagi atas 5 macam yaitu:

Injesti

Adalah proses menaruh atau memasukkan makanan di mulut. Biasanya menggunakan tangan atau menggunakan alat bantu seperti sendok, garpu, sumpit, dan lain sebagainya.

Pencernaan Mekanik

Proses pencernaan mekanik yaitu proses mengubah makanan menjadi kecil dan lembut. Pencernaan mekanik dilakukan oleh gigi dan alat bantu lain seperti batu kerikil pada burung merpati. Proses ini bertujuan untuk membantu untuk mempermudah proses pencernaan kimiawi. Proses ini dilakukan secara sadar atau sesuai dengan keinginan kita.

Pencernaan Kimiawi

Proses pencernaan kimiawi yaitu proses mengubah molekul-molekul zat makanan yang kompleks menjadi molekul-molekul yang lebih sederhana sehingga mudah dicerna. Pencernaan kimiawi dilakukan oleh enzim, asam, ‘bile’, dan air. Proses ini dilakukan secara tidak sadar karena yang mengaturnya adalah enzim.

Penyerapan

Penyerapan adalah gerakan nutrisi dari sistem pencernaan ke sistem sirkulator dan ‘lymphatic capallaries’ melalui osmosis, transport aktif, dan difusi.

Penyingkiran

Yaitu penyingkiran/pembuangan material yang tidak dicerna dari ‘tract’ pencernaan melalui defekasi.

Organ Dalam Sistem Pencernaan Pada Manusia

Organ yang termasuk dalam sistem pencernaan terbagi menjadi dua kelompok. Yaitu:

Saluran Pencernaan

Saluran pencernaan adalah saluran yang kontinyu berupa tabung yang dikelilingi otot. Saluran pencernaan mencerna makanan, memecah nya menjadi bagian yang lebih kecil dan menyerap bagian tersebut menuju pembuluh darah. Organ-organ yang termasuk di dalam nya adalah : mulut, faring, esofagus, lambung, usus halus serta usus besar. Dari usus besar makanan akan dibuang keluar tubuh melalui anus.

Organ pencernaan tambahan (aksesoris)

Organ pencernaan tambahan ini berfungsi untuk membantu saluran pencernaan dalam melakukan kerjanya. Gigi dan lidah terdapat dalam rongga mulut, kantung empedu serta kelenjar pencernaan akan dihubungkan kepada saluran pencernaan melalui sebuah saluran. Kelenjar pencernaan tambahan akan memproduksi sekret yang berkontribusi dalam pemecahan bahan makanan. Gigi, lidah, kantung empedu, beberapa kelenjar pencernaan seperti kelenjar ludah, hati dan pankreas.

Bagian-Bagian Sistem Pencernaan Pada Manusia

Bagian-Bagian-Sistem-Pencernaan-Pada[1]
  1. Kelenjar ludah
  2. Parotis
  3. Submandibularis (bawah rahang)
  4. Sublingualis (bawah lidah)
  5. Rongga mulut
  6. Amandel
  7. Lidah
  8. Esofagus
  9. Pankreas
  10. Lambung
  11. Saluran pankreas
  12. Hati
  13. Kantung empedu
  14. duodenum
  15. Saluran empedu
  16. Kolon
  17. Kolon transversum
  18. Kolon ascenden
  19. Kolon descenden
  20. Ileum
  21. Sekum
  22. Appendiks/Umbai cacing
  23. Rektum/Poros usus
  24. Anus

Proses Pencernaan Makanan Dalam Sistem Pencernaan Pada Manusia

Pertama-tama, pencernaan dilakukan oleh mulut. Disini dilakukan pencernaan mekanik yaitu proses mengunyah makanan menggunakan gigi dan pencernaan kimiawi menggunakan enzim ptialin (amilase). Enzim ptialin berfungsi mengubah makanan dalam mulut yang mengandung zat karbohidrat (amilum) menjadi gula sederhana (maltosa). Maltosa mudah dicerna oleh organ pencernaan selanjutnya. Enzim ptialin bekerja dengan baik pada pH antara 6,8 – 7 dan suhu 37oC.
Makanan selanjutnya dibawa menuju lambung dan melewati kerongkongan. Makanan bisa turun ke lambung karena adanya kontraksi otot-otot di kerongkongan. Di lambung, makanan akan melalui proses pencernaan kimiawi menggunakan zat/enzim sebagai berikut:
  • Renin, berfungsi mengendapkan protein pada susu (kasein) dari air susu (ASI). Hanya dimiliki oleh bayi.
  • Pepsin, berfungsi untuk memecah protein menjadi pepton.
  • HCl (asam klorida), berfungsi untuk mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin. Sebagai disinfektan, serta merangsang pengeluaran hormon sekretin dan kolesistokinin pada usus halus.
  • Lipase, berfungsi untuk memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Namun lipase yang dihasilkan sangat sedikit.
Setelah makanan diproses di lambung yang membutuhkan waktu sekitar 3 – 4 jam, makanan akan dibawa menuju usus dua belas jari. Pada usus dua belas jari terdapat enzim-enzim berikut yang berasal dari pankreas:
  1. Amilase. Yaitu enzim yang mengubah zat tepung (amilum) menjadi gula lebih sederhana (maltosa).
  2. Lipase. Yaitu enzim yang mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.
  3. Tripsinogen. Jika belum aktif, maka akan diaktifkan menjadi tripsin, yaitu enzim yang mengubah protein dan pepton menjadi dipeptida dan asam amino yang siap diserap oleh usus halus.
Selain itu, terdapat juga empedu. Empedu dihasilkan oleh hati dan ditampung di dalam kantung empedu. Selanjutnya, empedu dialirkan melalui saluran empedu ke usus dua belas jari. Empedu mengandung garam-garam empedu dan zat warna empedu (bilirubin). Garam empedu berfungsi mengemulsikan lemak. Zat warna empedu berwarna kecoklatan, dan dihasilkan dengan cara merombak sel darah merah yang telah tua di hati. Empedu merupakan hasil ekskresi di dalam hati. Zat warna empedu memberikan ciri warna cokelat pada feses.
Selanjutnya makanan dibawa menuju usus halus. Di dalam usus halus terjadi proses pencernaan kimiawi dengan melibatkan berbagai enzim pencernaan. Karbohidrat dicerna menjadi glukosa. Lemak dicerna menjadi asam lemak dan gliserol, serta protein dicerna menjadi asam amino. Jadi, pada usus dua belas jari, seluruh proses pencernaan karbohidrat, lemak, dan protein diselesaikan. Selanjutnya, proses penyerapan (absorbsi) akan berlangsung di usus kosong dan sebagian besar di usus penyerap. Karbohidrat diserap dalam bentuk glukosa, lemak diserap dalam bentuk asam lemak dan gliserol, dan protein diserap dalam bentuk asam amino. Vitamin dan mineral tidak mengalami pencernaan dan dapat langsung diserap oleh usus halus.
Makanan yang tidak dicerna di usus halus, misalnya selulosa, bersama dengan lendir akan menuju ke usus besar menjadi feses. Di dalam usus besar terdapat bakteri Escherichia coli. Bakteri ini membantu dalam proses pembusukan sisa makanan menjadi feses. Selain membusukkan sisa makanan, bakteri E. coli juga menghasilkan vitamin K. Vitamin K berperan penting dalam proses pembekuan darah. Sisa makanan dalam usus besar masuk banyak mengandung air. Karena tubuh memerlukan air, maka sebagian besar air diserap kembali ke usus besar. Penyerapan kembali air merupakan fungsi penting dari usus besar.
Selanjutnya sisa-sisa makanan akan dibuang melalui anus berupa feses. Proses ini dinamakan defekasi dan dilakukan dengan sadar.

Gangguan Pada Sistem Pencernaan Manusia

Gangguan pada sistem pencernaan cukup beragam. Faktor penyebabnya-pun bermacam-macam, di antaranya makanan yang kurang baik dari segi kebersihan dan kesehatan, keseimbangan nutrisi, pola makan yang kurang tepat, adanya infeksi, dan kelainan pada organ pencernaan.
Ada beberapa gangguan atau kelainan yang dapat terjadi pada sistem pencernaan pada manusia. Diantaranya:

Gastritis

Merupakan suatu peradangan akut atau kronis pada lapisan mukosa (lender) dinding lambung. Penyebabnya ialah penderita memakan yang mengandung kuman penyakit. Kemungkinan juga karena kadar asam klorida (HCL) pada lambung terlalu tinggi.

Hepatitis

Hepatitis merupakan penyakit yang terjadi akibat infeksi virus pada hati. Virus dapat masuk ke dalam tubuh melalui air atau makanan.

Diare

Diare terjadi karena adanya iritasi pada selaput dinding usus besar atau kolon. Fases penderita diare berbentuk encer. Penyebabnya adalah penderita memakan makanan yang mengandung bakteri atau kuman. Akibatnya gerakan peristaltic dalam usus tidak terkontrol. Sehingga, laju makanan meningkat dan usus tidak dapat menyerap air. Namun, apabila fases yang dikeluarkan bercampur dengan darah dan nanah, kemudian perut terasa mulas, gejala tersebut menunjuk pada penyakit desentri. Penyebabnya yakni infeksi bakteri Shigella pada dinding usus besar.

5.4. Konstipasi

Konstipasi atau yang sering kita sebut dengan sebutan “sembelit” adalah keadaan yang dialami seseoang dengan gejala fases mengeras sehingga susah dikeluarkan. Sembelit disebabkan oleh adanya penyerapan air pada sisia makanan. Akibatnya, fases kekurangan air dan menjadi keras. Ini terjadi dari kebiasaan buruk yang menunda-nunda buang besar. Selain itu, juga karenakurangnya penderita dalam mengkonsumsi makanan berserat. Oleh karena itu, banyak memakan buah-buahan dan sayur-sayuran berserat serta minum banyak air dapat mencegah gangguan ini.

Apendisitis

Apendisitis merupakan gangguan yang terjadi karena peradangan apendiks. Penyebabnya ialah adanya infeksi bakteri pada umbai cacing (usus buntu). Akibatnya, timbul rasa nyeri dan sakit.

Hemeroid/Wasir/Ambeyen

Hemoroid/Wasir/Ambeyen merupakan gangguan pembengkakan pada pembuluh vena disekitar anus. Orang yang sering duduk dalam beraktivitas dan ibu hamil seringkali mengalami gangguan ini.

Maag

Orang yang mengalami maag memiliki ciri-ciri rasa perih pada dinding lambung, mual, muntah, dan perut kembung. Gangguan ini disebabkan meningkatnya kadar asam lambung yang dipicu karena pikiran tegang, pola makan yang tak teratur, dan lain sebagainya.

Keracunan

Keracunan makanan dapat terjadi karena pengaruh beberapa bakteri semisal bakteri Salmonela yang menyebabkan penyakit demam tipus dan paratipus.

Tukak Lambung

Tukak lambung adalah salah satu kelainan sistem pencernaan yakni kerusakan pada selaput lendir. Tukak lambung dapat disebabkan oleh factor-faktor kuman, toksin, ataupun psikosomatis. Kecemasan, ketakutan, stress, dan kelelahan merupakan faktor psikosomatis yang akhirnya dapat merangsang pengeluaran HCL di lambung. Jika HCL berlebihan, selapu lendir lambung akan rusak.

Malnutrisi (kurang gizi)

Yakni penyakit yang disebabkan oleh terganggunya pembentukan enzim pencernaan. Gangguan tersebut disebabkan oleh sel-sel pancreas atropi yang kehilangan banyak reticulum endoplasma. Sebagai contoh adalah kwashiorkor, yakni penyakit akibat kekurangan protein yang parah dan pada umumnya menyerang anak-anak.


Organ Sistem Pencernaan pada Manusia

Terdapat 6 organ utama dalam sistem pencernaan yaitu mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Berikut adalah 6 organ pencernaan manusia beserta bagian-bagiannya.

MULUT

Mulut adalah pintu masuk makanan. Di dalam mulut terdapat lidah, rongga mulut, kelenjar ludah, dan gigi. Jadi fungsi mulut bermacam-macam yaitu menghancurkan makanan, mencerna makanan, mengecap rasa makanan, dan membantu menelan makanan. Di dalam mulut terjadi pencernaan mekanis (dengan gigi dan lidah) dan pencernaan kimiawi (dengan ludah yang mengandung enzim ptialin). Berikut adalah gambar anatomi mulut beserta bagian-bagiannya:

gambar anatomi mulut

Mulut terdiri dari:
  1. Langit-langit
  2. Gigi
  3. Gusi
  4. Tulang langit-langit
  5. Pembuluh darah dan saraf langit-langit
  6. Amandel
  7. Lidah
  8. Anak lidah

Kerongkongan


Kerongkongan adalah penghubung antara mulut dan lambung. Kerongkongan disebut juga esofagus. Kerongkongan berbentuk tabung dan terdapat otot. Otot pada kerongkongan berfungsi untuk membawa makanan dari mulut ke lambung dengan menggunakan gerak peristaltik. Berikut adalah gambar anatomi kerongkongan beserta bagian-bagiannya:

kerongkongan

Kerongkongan dibagi menjadi tiga bagian yaitu:
  1. Bagian superior yang sebagian besar terdiri dari otot rangka.
  2. Bagian tengah yang terdiri dari campuran otot rangka (otot lurik) dan otot polos.
  3. Bagian inferior yang terdiri dari otot polos.

Lambung


Lambung adalah organ pencernaan yang berfungsi untuk mencerna berbagai zat-zat makanan. Letak lambung berada di bawah sekat rongga badan. Di dalam lambung terjadi pencernaan kimiawi dengan menggunakan enzim pepsin, enzim renin, enzim lipase, dan asam lambung (HCl). Berikut adalah gambar anatomi lambung beserta bagian-bagiannya:

lambung

Lambung terdiri dari tiga bagian utama yaitu kardiak, fundus, dan pilorus. Di ujung bagian atas lambung yang berbatasan dengan kerongkongan terdapat sfingter yang berfungsi untuk menjaga makanan agar tidak keluar dari lambung dan dimuntahkan kembali. Sedangkan di bagian bawah yang berbatasan dengan usus dua belas jari disebut sfingter pilorus.


Usus Halus

Usus halus adalah tempat penyerapan sari-sari makanan. Disini juga terjadi proses pencernaan kimiawi dengan bantuan enzim tripsin, enzim disakarase, enzim erepsin, dan enzim lipase. Sari-sari makanan diserap melalui jonjot-jonjot usus yang disebut vili. Seluruh sari makanan kecuali asam lemak dan gliserol diangkut melalui vena porta menuju ke hati. Sedangkan asam lemak dan gliserol diangkut melalui pembuluh limfa. Berikut adalah gambar anatomi usus halus beserta bagian-bagiannya:
usus halus

Di usus halus juga terdapat duodendum (usus dua belas jari), jejunum, dan ileum.


Usus Besar

Usus besar adalah usus yang terbesar. Fungsi usus besar adalah untuk memilah kembali hasil pencernaan. Disini terjadi penyerapan air dengan jumlah yang terbesar daripada organ lain dan terjadi proses pembusukan sisa-sisa makanan dengan bantuan bakteri. Berikut adalah gambar anatomi usus besar beserta bagian-bagiannya:
usus besar

Struktur usus besar terdiri dari:
  1. Usus buntu
  2. Kolon asedens (kolon naik)
  3. Kolon transversum (kolon datar)
  4. Kolon desendens (kolon turun)
  5. Rektum. Tempat menyimpan feses sebelum dikeluarkan melalui anus.

Anus


Anus atau dubur adalah penghubung antara rektum dengan lingkungan luar tubuh. Di anus terdapat otot sphinkter yang berfungsi untuk membuka dan menutup anus. Fungsi utama anus adalah sebagai alat pembuangan feses melalui proses defekasi (buang air besar). Berikut adalah gambar anatomi anus beserta bagian-bagiannya:

gambar anatomi anus

Di anus terdapat otot sphinkter, rektum, dan vena. Fungsi otot sphinkter adalah untuk membuka atau menutup anus. Sedangkan fungsi rektum adalah untuk menyimpan feses sementara waktu.

Selasa, 09 Oktober 2018

LEBIH DEKAT DENGAN SUKU TORAJA

Penguburan Mayat Tanatoraja @glorypowerock.doc

Kali ini, kita akan belajar bareng agar wawasan & pengetahuan kita semakin luas sehingga kekayaan literasi ini menjadikan kita lebih berkualitas sebagai putra Bangsa Indonesia Raya.
Bahasa Suku Toraja
Bahasa Toraja menjadi bahasa sehari-hari suku Toraja dengan Sa’dan Toraja sebagai dialek utama. Bahasa Toraja memiliki berbagai ragam, yaitu Kalumpang, Mamasa, Tae’ , Talondo’ , Toala’, dan Toraja Sa’dan. Ciri khas dari bahasa Toraja adalah gagasan tentang kematian dan duka cita, karena upacara kematian di suku Toraja dianggap penting, oleh karena itu bahasa Toraja digunakan sebagai media ekspresi duka cita dan ditujukan untuk mengurangi penderitaan akibat duka. Bahasa Toraja masuk ke dalam kurikulum sekolah dasar di Tana Toraja.
Kepercayaan Suku Toraja
Kepercayaan mayoritas yang dianut oleh suku Toraja adalah Kristen, sebagian lainnya menganut agama Islam dan kepercayaan animisme politeistik yang bernama Aluk To Dolo yang telah diakui oleh pemerintah Indonesia sebagai bagian dari agama Hindu Dharma. Aluk To Dolo diartikan sebagai jalan atau hukum bagi suku Toraja. Diceritakan dalam mitos di suku Toraja bahwa leluhur suku Toraja berasal dari surga. Leluhur tersebut turun ke planet bumi menggunakan tangga, kemudian tangga tersebut digunakan oleh suku Toraja sebagai media untuk berhubungan dengan Puang Matua sang dewa pencipta. Dewa lain dalam suku Toraja antara lain Pong Banggai di Rante (dewa bumi), Indo’ Belo Tumbang (dewi pengobatan), Indo’ Ongon-Ongon (dewi gempa bumi), dan Pong Lalondong (dewa kematian).
Filosofis Hidup Suku Toraja
Suku Toraja memiliki falsafah hidup yang disebut Tallu lolonaTallu lolona berarti tiga kehidupan yang meliputi kehidupan manusia, kehidupan hewan, dan kehidupan lingkungan. Suku Toraja menjaga hubungan harmonis dengan sesama makhluk dan hubungan harmonis dengan Yang Maha Kuasa. Oleh sebab itu, kehidupan ideal bagi suku Toraja adalah kehidupan yang saling memberi keuntungan bagi manusia, hewan dan lingkungan. Selain itu, suku Toraja juga mempunyai filosofis hidup lain yang disebut tauTau merupakan empat pilar utama dalam kehidupan yang menjadi pedoman bagi suku Toraja. Empat pilar tersebut adalah sugi’ (kaya), barani (berani), manarang (pintar) dan kinawa  yang bermakna berhati mulia. Seorang suku Toraja dapat disebut sebagai tau jika mengamalkan keempat pilar tersebut.
Kelas Sosial Suku Toraja
Kelas sosial dalam suku Toraja dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu bangsawan, orang biasa, dan budak. Berbeda dengan suku jawa yang menganut adat patrilineal, suku Toraja menganut adat matrilineal yang mengatur kelas sosial berdasarkan keturunan ibu. Adat di suku Toraja tidak memperbolehkan seorang laki-laki untuk menikahi perempuan dari kelas sosial yang lebih rendah, namun laki-laki dari suku Toraja diizinkan untuk menikahi perempuan dari kelas sosial yang lebih tinggi. Hal ini dilakukan agar laki-laki dapat meningkatkan kelas sosial pada keturunannya
Adat Pernikahan Suku Toraja
Adat pernikahan dalam suku Toraja terdapat 3 upacara yang ditempuh sesuai dengan kesepakatan serta disesuaikan dengan kemampuan calon pengantin. Berikut ini adalah adat pernikah dalam suku Toraja:
  • Upacara Rompo Bobo Bonnang
Upacara Rompo Bobo Bonnang merupakan upacara yang sederhana. Tata cara upacara ini dilakukan dengan mengirim utusan dari mempelai pria untuk menemui keluarga mempelai wanita. Utusan ini menyampaikan maksud untuk lamaran, lalu jika keluarga wanita menyetujui akan diatur waktu kedatangan keluarga mempelai pria. Selanjutnya kedua keluarga mempelai akan bertemu dan diadakan perjamuan makan, lalu keluarga mempelai pria akan pulang, tetapi mempelai pria akan tetap tinggal di rumah mempelai wanita.
  • Upacara Rampo Karoeng
Upacara pernikahan ini memiliki prosesi yang hampir sama dengan Rompo Bobo Bonnang, namun perbedaannya terletak pada perjamuannya. Dalam upacara ini keluarga mempelai pria akan diminta menunggu di lumbung sebelum perjamuan makan dilaksanakan.
  • Upacara Rompo Allo
Upacara pernikahan ini merupakan upacara pernikahan yang paling mewah. Perayaan dapat dilaksanakan selama beberapa hari, oleh karena itu upacara Rompo Allo hanya dilakukan oleh suku Toraja yang berstatus sosial tinggi.
http://alvonsus.gurusiana.id/
Adat Kematian Suku Toraja
Adat kematian merupakan kebudayaan suku Toraja yang paling populer di masyarakat. Berikut ini adalah upacara adat kematian dalam suku Toraja:
  • Upacara Adat Rambu Solo
Upacara adat ini merupakan yang paling umum dilaksanakan oleh suku Toraja. Prosesi dalam upacara Rambu Solo dibagi menjadi 2 prosesi yaitu prosesi pemakaman dan prosesi kesenian. Prosesi pemakaman oleh suku Toraja dilaksanakan di tengah lapangan yang terdapat di kompleks rumah adat tongkonan. Prosesi  pemakaman terdiri dari Ma’Tudan Mebalun, yaitu prosesi dalam melakukan pembungkusan jenazah, Ma’Roto yang merupakan prosesi menghias peti mati dengan benang emas dan perak. Ma’Popengkalo Alang, yaitu prosesi membawa jenazah untuk diarak ke sebuah lumbung untuk disemayamkan. Lalu Ma’Palao atau Ma’Pasonglo, yaitu prosesi mengarak jenazah dari rumah Tongkonan menuju pemakaman yang dinamakan Lakkian.
Prosesi kesenian upacara Rambu Solo merupakan bentuk penghormatan bagi orang yang meninggal. Kesenian yang ditampilkan biasanya pertunjukan musik, tari, adu kerbau, dan penyembelihan kerbau dengan sekali tebas. Kerbau yang digunakan adalah kerbau bule (Tedong Bonga) yang harganya mencapai 50 juta lebih, oleh karena itu upacara ini menjadi upacara kematian yang mahal.
  • Upacara Adat Ma’ Nene
Upacara adat Ma’ Nene dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan terhadap leluhur yang sudah meninggal. Upacara ini merupakan upacara adat suku Toraja yang unik. Upacara ini dilakukan untuk membersihkan mayat dengan melakukan penggantian baju bagi jasad nenek moyang yang sudah meninggal. Upacara adat yang diselenggarakan setiap 3-4 tahun sekali ini dilakukan dengan mendatangi tempat nenek moyang bersemayam, lalu jasadnya dikeluarkan lalu dibersihkan dengan kuas dan bajunya diganti dengan baju yang baru. Selanjutnya jasad nenek moyang tersebut diletakkan kembali dalam kuburannya. Upacara adat Ma’ Nene diakhiri dengan do’a dan makan bersama.
http://alvonsus.gurusiana.id/

Minggu, 07 Oktober 2018

SINAR PRAPANCA SDK Sang Timur Pasuruan Masuk Nominasi Perpustakaan Terbaik di Jawa Timur

Sejarah tercipta karena ada kemauan untuk bertindak dan meninggalkan jejak yang dapat dibuktikan dengan adanya peninggalan baik berupa catatan atau arsip begitulah cuplikan syair yang ditulis oleh Seorang Empu Prapanca sang legendaris dan tokoh penting dibalik kisah perjalanan Majapahit sebagai kerajaan terbesar nusantara pada masa itu.
Ia telah menorehkan warisan penting perjalanan dan kehidupan di jaman kerajaan Majapahit dalam Kitab Negara Kertagama. Sebagai sang Literat yang cerdas, melalui pemikiran dan gagasan nya Ia memiliki peranan penting dalam menumbuhkan wawasan dan pengetahuan di masa itu.
Ir. Soekarno sebagai presiden yang cerdas memiliki kemampuan berpikir kritis, berani dan tegas hingga mampu membakar semangat bangsa ini sebagai bangsa besar yang bermartabat dan hebat. Ia mampu menguasai 12 Bahasa Internasional dan memiliki banyak peninggalan literasi sebagai sang kreator bangsa.
Mantan Presiden Indonesia sekaligus Bapak Bangsa, Gusdur pernah mengatakan, Perpustakaan adalah tempat untuk memenuhi dahaga ilmu pengetahuan,dan sekalipun raga terpenjara, namun keingintahuan otak kita harus liar, yakni dengan membaca, karena buku merupakan jendela dunia.
Beranjak dari catatan sejarah itulah SDK Sang Timur Pasuruan mengimplementasikan arah berpikir pada kemajuan pendidikan terutama dalam peningkatan literasi melalui perpustakaan sekolah. SDK Sang Timur Pasuruan telah menetapkan "Sinar Prapanca" sebagai nama Perpustakaan sekolah melalui Surat Keputusan Kepala Sekolah. Selain itu, perpustakaan SDK Sang Timur Pasuruan menjadi pusat literasi ramah anak yang menyenangkan sehingga para peserta didik yang hendak berkunjung ke sana menjadi betah dan memiliki semangat membaca yang tinggi.
Pasalnya, saat ini SDK Sang Timur Pasuruan yang berlokasi di Jl. Hayam Wuruk no 20 kota Pasuruan tengah beradu dan bersaing dengan sekolah unggul lainnya. Bagaimana tidak, pada hari Sabtu (01/09) keluar surat edaran dari Dinas Perpustakaan Arsip Kota Pasuruan bahwa SDK Sang Timur Pasuruan telah menembus tiga nominasi lomba perpustakaan tingkat kota, sekaligus menjadi satu-satunya sekolah swasta di Kota Pasuruan.
Hal itu membuktikan bahwa SDK Sang Timur Pasuruan merupakan barometer literasi yang mampu menggerakkan seluruh warga sekolah dengan pembiasaan budaya membaca, dan pada hari ini Selasa 4 September 2018 akan dilakukan verval oleh Dinas Arsip dan dokumen, Perpustakaan Nasional Kota Pasuruan.
Disamping itu, SDK Sang Timur Pasuruan juga mempunyai peluang untuk membawa pulang Juara 1, karena saat ini masih harus bersaing dengan beberapa sekolah lainnya.
Prestasi yang tengah diukir oleh SDK Sang Timur Pasuruan tersebut sontak mendapat apresiasi dan respon positif langsung dari Kepala Sekolah Sr. Ursula PIJ, S.Pd., M.M yang saat ini tengah bertugas di luar kota.
Ia mengungkapkan kekagumannya dan mengapresiasi seluruh warga SDK Sang Timur Pasuruan yang dapat bekerjasama satu sama lain dalam upaya memajukan sekolah.
“Saya mengapresiasi atas kerja keras semua stake holder dan terus meningkatkan kualitas, kapabilitas dalam mengukir prestasi dibidang apapun. Hal ini merupakan salah satu bukti nyata, untuk membuat masyarakat percaya bahwasannya juga mampu bersaing dengan lembaga lainnya dalam memfasilitasi anak didiknya,“ ungkapnya.
Sr. Ursula PIJ, S.Pd., M.M juga menambahkan bahwa misi SDK Sang Timur Pasuruan meningkatkan kualitas akademik dan non akademik bukan hanya sebatas semboyan.
Diakhir pesan messangernya ia berharap, prestasi tersebut mampu mendorong SDK Sang Timur Pasuruan untuk bisa terus mengukir sejarah dan prestasi yang lebih baik.
Salam literasi
Salam progresif

Penilaian Sinar Prapanca Sebagai Pusat Literasi & Kegiatan belajar

Tim Verifikasi Lapangan (Verval) dari Dinas Perpustakaan Arsip dan dokumen Kota Pasuruan telah tiba di SDK Sang Timur Pasuruan.
Tim Verval Perpustakaan langsung dipimpin oleh Bp. Drs. Sudarmaji, M.Pd dan Bp. Drs. Fatkurohman M.Pd. dan didampingi oleh Bp. Heri Kusriono, S.Pd selaku koordinator kegiatan partisipatif literasi siswa.
Tim verval berada di SDK Sang Timur Pasuruan dalam rangka object point verifikasi dan melakukan Penilaian terhadap SINAR PRAPANCA sebagai pusat literasi dan kegiatan belajar siswa di SDK Sang Timur Pasuruan.
Adapun penilaian bersifat sistemik dan terstruktur mulai dari fisik perpustakaan, manajemen perpustakaan, tata kelola warga sekolah sebagai customer perpustakaan, kegiatan partisipatif siswa , kegiatan unggulan melalui Gerakan Literasi Sekolah, sistem pelayanan perpustakaan, inovasi kegiatan dalam usaha meningkatkan minat baca siswa serta produk & hasil karya siswa yang memiliki kualitas dan dapat digunakan sebagai suatu sumber belajar ungkap beliau dalam sesi conference sebelum menuju ke Perpustakaan Sinar Prapanca.
Semoga dengan dilakukannya penilaian ini menjadikan Sinar Prapanca semakin berbudaya dan bermakna bagi seluruh warga sekolah terutama dalam usaha peningkatan kualitas literasi di Kota Pasuruan.
SDK Sang Timur YESS!!
Selamat berjuang.

Tim Penilai Apresiasi Khusus Sinar Prapanca

Ketua Tim Penilai Lomba Perpustakaan Sekolah tingkat Nasional kota Pasuruan Jawa Timur Drs. Fatkurohman, M.Pd didampingi Drs. Sudarmaji, M.Pd memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam keberhasilan Perpustakaan Sinar prapanca SDK Sang Timur Pasuruan Desa masuk dalam 3 besar perpustakaan model kelompok A. Persaingan kedepan sangatlah berat, karena 2 sekolah lain juga memiliki Perpustakaan Terbaik, Ia juga menyatakan kebanggaanya terhadap Kepala SDK Sang Timur Pasuruan melalui bidang kurikulum yang mampu memberikan inovasi kegiatan dalam upaya mengembangkan dan meningkatkan perpustakaan Sinar Prapanca menjadi berkualitas. Lebih daripada itu SDK Sang Timur Pasuruan telah mewadahi dan menjalin interaksi komunikasi kerjasama yang sangat baik dengan Dinas Arsip dokumentasi dan perpustakaan kota Pasuruam untuk saling melengkapi. Selanjutnya Drs. Fatkurohman, M.Pd beserta timnya mengujungi Perpustakaan Sinar Prapanca dan berinteraksi langsung dengan anak-anak serta guru.
Salam Literasi

GR@dy 'Putra SDK Sang Timur" Sabet JUARA 1 Catur Pelajar Kota Pasuruan.

Putra terbaik Kelas I SDK Sang Timur Pasuruan Grady Jordan Gunawan telah mencatatkan dirinya dalam JURNAL PEMENANG pada Dinas Pemuda & Olah raga Kota Pasuruan. Ia telah menyabet juara 1 kompetisi catur Pelajar Chess Open tingkat SD se-Kota Pasuruan Jawa timur pada hari ini Minggu, 9 September 2018.
Meski masih berusia tujuh tahun, Grady Jordan Gunawan telah membuktikan menjadi best and First winner pertama lomba catur tingkat pelajar usia dibawah delapan tahun yang digelar PERCASI Kota Pasuruan.
Ini adalah deretan prestasi bagi putra putri SDK Sang Timur Pasuruan sekaligus menjawab bahwa SDK Sang Timur Pasuruan adalah sekolah terbaik berkualitas, berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik.
Laki-laki yang suka membaca buku ini dikenal sebagai siswa yang aktif di kelas, Minat belajar Grady sangat tinggi ujar M. Taufan yang turut mendampingi dalam ajang kejuaraan tersebut.
Dalam kesempatan itu, Grady menyampaikan kesukaannya bermain catur berawal dari seringnya melihat chess battle kemudian ia mencoba memainkan beragam pion catur.
Kemahirannya dalam bermain catur membuatnya bergabung dalam club catur EMPU GANDRING SDK Sang Timur Pasuruan dan membuktikan bahwa dirinya mampu menjadi JAWARA.
SDK Sang Timur sekolah para Juara.
Salam Prestasi.

Wakil Gubernur Jawa timur Gus Ipul berikan SDK Sang Timur Pasuruan Penghargaan Adiwiyata Propinsi

Andalkan area hijau yang luas dan kadar oksigen terbaik di Kota Pasuruan.
Luar biasa. Itulah kata yang pantas untuk menggambarkan prestasi SDK Sang Timur Pasuruan. Sekolah yang berada di Pantura Jawa Timur Kota Pasuruan ini berhasil meraih Penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Timur. Penghargaan Adiwiyata itu diberikan secara langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Gus Ipul di Paiton bersamaan peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-dunia dan peringatan hari Konservasi Nasional 2018.
Dengan demikian, SDK Sang Timur Pasuruan berhak mendapatkan tiket penilaian Penghargaan Adiwiyata tingkat Nasional. "Target kami adalah bisa mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat Nasional," ujar Kepala sekolah SDK Sang Timur Pasuruan Sr. Ursula PIJ, S.Pd., M.M. saat ditemui pada Jumat (25/9).
Menghadapi penilaian Adiwiyata tingkat Nasional, SDK Sang Timur Pasuruan tidak mau sampai disini. Sejak dinyatakan lolos ke tingkat nasional pada Selasa, 25 September 2018 kemarin SDK Sang Timur Pasuruan langsung mempersiapkan diri guna mencapai prestasi skala Nasional.
Produk andalan sekolah yaitu lahan hijau sekolah terluas dan kadar oksigen terbaik hanya dimiliki oleh SDK Sang Timur Pasuruan, Taman bermain dan belajar hijau, pembibitan tanaman obat dan tanaman hias serta Hutan Sekolah akan jadi senjata pamungkas untuk membawa Adiwiyata Nasional ke bumi SDK Sang Timur Pasuruan.
Apa yang dimiliki SDK Sang Timur Pasuruan tidak ditemui di sekolah lain. Karena SDK Sang Timur Pasuruan berada di dataran rendah dengan iklim yang cenderung panas tetapi bisa menciptakan kondisi dan situasi yang hijau bersih dan segar.
Sebagian wilayah SDK Sang Timur Pasuruan masih terdapat banyak lahan kosong dan ini kami manfaatkan untuk pertanian. Kami punya pohon minyak kayu putih, malaga, kelampok darsono yang kami rawat dan andalkan. Ini merupakan aset yang berharga," ujarnya.
Secara terpisah, Sr. Ursula PIJ, S.Pd.,M.M. mengatakan bahwa "Kerja keras kami terbayar lunas dengan penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi Jatim," ujarnya. Dia mengatakan, keberhasilan itu menjadi motivasi untuk bisa meraih tiket Adiwiyata Nasional. "Kami akan lebih kerja keras dengan semangat berlipat-lipat lagi agar mendapatkan Adiwiyata Nasional," ujarnya.
Keberhasilan meraih Penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Timur tersebut tidak terlepas dari dukungan dan peran serta berbagai pihak. Dukungan yang muncul mulai dari Wali Kota Pasuruan, Dinas Lingkungan Hidup & Kebersihan Pertamanan (DLHKP) Kota Pasuruan, guru, siswa, dan karyawan SDK Sang Timur Pasuruan.
Semoga dengan genggaman penghargaan Adiwiyata tingkat provinsi ini menjadikan tambahan koleksi prestasi SDK Sang Timur Pasuruan sebagai sekolah terbaik di Kota Pasuruan Jawa Timur.
Salam Adiwiyata

Kamis, 30 Agustus 2018

The Winning Team of SDK Sang Timur Pasuruan raih Juara Cerdas Cermat


Akeno, Joy & Lany adalah Putra putri kelas 5 SDK Sang Timur Pasuruan, mereka mewakili sekolah maju di tingkat kota dalam mengikuti even pendidikan yaitu "Lomba Cerdas Cermat" yang diselenggarakan pemerintah kota Pasuruan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diselenggarakan pada hari ini Kamis, 30 Agustus 2018

“Awalnya mereka kurang percaya diri karena ini adalah pengalaman pertama mereka dalam mengikuti lomba cerdas cermat karena persiapan yang singkat dan tidak banyak latihan.

Namun dengan berbekal semangat dari para guru dan teman-teman, mereka pun melewati babak demi babak lomba cerdas cermat tersebut dan akhirnya mereka lolos ke babak final.

Pada sesi pertama di babak final, mereka harus menjawab 10 soal wajib dan sesi kedua adalah soal rebutan, akhirnya pejuangan mereka pun membuahkan hasil.

Syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa Tim SDK Sang Timur Pasuruan meraih Juara ke 2 dalam lomba cerdas cermat ini,”

Lomba ini adalah pengalaman pertama bagi Akeno, Joy & Lany yang tak akan pernah terlupakan.

Selamat.. SDK Sang Timur Pasuruan memang hebat

Rabu, 18 April 2018

Belajar Tak Harus Classical, SDK Sang Timur Pasuruan

Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka belajar di alam terbuka (bukan di dalam kelas) merupakan alternatif untuk memberikan input berupa pengalaman atau mempraktekkan langsung suatu indikator dalam pembelajaran, seperti halnya yang dilakukan siswa-siswi kelas 3 SDK Sang Timur Pasuruan. Mereka belajar di alam bertujuan untuk mendekatkan permasalahan yang dihadapi dengan kenyataan atau fakta yang sebenarnya.

Dengan demikian setiap peserta didik dapat lebih ekspresif dalam menuangkan hasrat dan ide-idenya ketika berada dalam proses pembelajaran dan juga terbentuk sikap mandiri serta tangguh (survival child) dalam menghadapi segala tantangan ke depan.

Seringkali saya ajak mereka untuk belajar di luar kelas atau sekadar jalan-jalan ke taman raflesia, greenhouse,pembibitan, gazebo cerdas dan sekitar sekolah. Saya lihat mereka menikmati, di situlah saya bisa memasukkan pembelajaran termasuk nilai-nilai karakter dan kesangtimuran sehingga prosesnya mengalir sempurna.

Saat saya ajak siswa belajar di taman, mereka bersorak-sorai gembira. Entah karena memang kebanyakan mereka gemar belajar tentang alam atau karena rasa jenuh belajar di dalam kelas. Faktanya dengan mengajak belajar di alam terbuka, mereka terlihat semakin bersemangat dalam belajar.
Salam literasi,,
Semoga bermakna.

Senin, 16 April 2018

SDK Sang Timur Pasuruan Perform Karya MERONCE

Kegiatan merangkai dan meronce memerlukan beberapa aspek atau pengetahuan dasar untuk membuatnya, diantaranya adalah aspek tujuan dan fungsi, prinsip penyusunan dan penataan, aspek bahan, aspek teknik, aspek penyelesaian
Karya kerajinan seperti merangkai dan mer
Merangkai maupun meronce dapat berfungsi untuk alat bermain anak, benda-benda yang akan dirangkai tidak di tujukan untuk kebutuhan tertentu melainkan untuk melatih memperoleh kepuasan rasa dan memahami keindahan. Itulah proyek Tema 8 siswa kelas 3 SDK Sang Timur Pasuruan.

Mereka diminta oleh guru untuk menyelesaokan proyel terbimbing dengan orang tua dirumah untuk membuat karya roncan. Memanfaatkan media bebas anak-anak bereksplorasi dan berinovasi melalui benda-benda dekoratif.

Anak-anak dapat menghabiskan waktu belajar dan bermain berimajinasi bersama orang tua dirumah.
Secara garis besar manfaat penataan ini adalah;
a)      Melatih imajinasi melalui bentuk dan konstruksi bentuk dan bahan.
b)      Melatih ketelitian melalui kecermatan merangkai serta menyusun benda-benda tersebut.
c)      Melatih keajegan atau irama melalui urutan, tingkatan, serta kedudukan masing-masing benda terhadap benda yang lain,
d)     Melatih rasa kebersamaan, jika merangkai secara bersama-sama,
e)      Ekspresi atau mengutarakan pendapat melalui pengandaian bentuk untuk menyatakan keinginannya terhadap benda yang diminta.
Kegiatan bermain bagi anak sebenarnya merupakan latihan untuk mengenal benda serta sesuatu yang ada dilingkungan sekitarnya melalui peniruan.

Merangkai dan meronce dapat ditujukan untuk melatih kreativitas, yaitu dengan cara mengubah fungsi lama menjadi fungsi baru. Seni merangkai ini lebih cendrung dikatakan sebagai seni bentuk dengan teknik merangkai dan meronce sperti halnya yang dilakukan siswa siswi SDK Sang Timur Pasuruan.

Aspek keindahan dari merangkai dan meronce terletak pada cara menyusun benda-benda sebagai komponen rangkaian dapat menarik perhatian, antara lain:
a.       Kesatuan, yaitu prinsip menyusun yang bertujuan agar susunan tersebut menarik.
b.      Keseimbangan dengan memperhatikan masing-masing ukuran, bentuk serta pengikatnya, apakah berupa garis, warna pengikat serta yang lain.
c.       Irama adalah penyusun yang memperhatikan ukuran benda.
Dengan demikian siswa menjadi termotivasi untuk mencipta karya.

Semoga bermakna,

Kamis, 05 April 2018

Kontes Telor Paskah 2018

Kegiatan Makan Bersama dalam rangka perayaan Paskah 2018 dibuat menjadi berbeda, kali ini siswa-siswi kelas 3 makan bersama dengan menu utama telor.
Antara lain bali telor, telor kecap, telor masak krengsengan, telor dadar, telor ceplok dan aneka masakan telor lainnya.

Setelah kegiatan makan bersama usai, mereka harus mengikuti kegiatan lomba menghias telor.
Setiap siswa diberi bekal sebuah telor rebus.

Kemudian dengan segala kreatifitas dan inovasinya setiap siswa berlomba menampilkan hasil karya terbaiknya.


Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan ini, karena melalui kegiatan menghias telor dalam rangka perayaan paskah ini terdapat banyak pembelajaran dan pengalaman baru yang didapatkan.

Mereka diajak saling menghargai setiap karya dengan cara melihat lebih dekat melalui kegiatan pameran internal.


Dari kegiatan ini, nantinya akan diambil 3 terbaik untuk diikutkan kontes telur paskah 2018 yang diadakan oleh SDK Sang Timur Pasuruan.

Selamat paskah 2018, semoga dengan kebangkitan Sang Putera, kita semakin diteguhkan dalam mewujudkan kebersamaan dan persatuan.


Salam Literasi

Menangkal Miskonsepsi: Menuju Implementasi Kurikulum Merdeka yang Sukses

  Menangkal Miskonsepsi: Menuju Implementasi Kurikulum Merdeka yang Sukses Kurikulum Merdeka, diluncurkan Kemendikbudristek tahun 2022, ha...