Selasa, 20 Maret 2018






Sarana Belajar Seru, karena belajar bahasa Inggris tidaklah harus membosankan, serius, bahkan tanpa berkedip sedetikpun. Belajar suatu bahasa haruslah dibuat semenarik dan sehepi mungkin. Karena banyak anak-anak bahkan orang tua yang takut belajar bahasa asing karena dirasa sulit. Namun, jika mereka sudah hepi dan enjoy dengan belajar suatu bahasa, maka proses belajar jadi lebih mudah dan menyenangkan.


Ada banyak metode untuk mengajarkan bahasa inggris, misalnya dengan aplikasi belajar bahasa inggris, atau games online maupun offline berbahasa inggris, menggunakan lagu untuk belajar bahasa inggris, atau melalui permainan bersama teman-teman dan guru di sekolah maupun tempat kursus bahasa Inggris. Nah, kali guru Bahasa Inggris SDK Sang Timur Pasuruan akan mengulas beberapa permainan yang bermanfaat khususnya bagi kamu para guru bahasa inggris.

Permainan merupakan salah satu aktivitas menarik dalam belajar bahasa inggris. Jika Anda mengajar bahasa inggris, entah untuk anak kecil maupun orang dewasa, permainan bisa menghidupkan suasana belajar. Ditambah lagi, permainan bisa bikin murid-murid Anda ‘ketagihan’ belajar bahasa Inggris dan ingin terus belajar. Permainan-permainan ini bisa Anda lakukan sebelum kelas dimulai sebagai permulaan, atau saat proses belajar untuk memberikan semacam ice breaking saat materi yang Anda ajarkan cukup berat.


Simon Says

Permainan ini sangat cocok untuk anak-anak. Biasanya, permainan ini selalu bikin ketagihan dan anak-anak tidak mau berhenti bermain.

Jenis permainan: Listening, vocabulary

Peserta: anak-anak, semua umur

Teknis permainan:

Anda, sebagai seorang guru, berdiri di depan kelas dan menjadi seorang Simon dalam permainan ini. Pastikan semua siswa juga berdiri di tempatnya.
Selanjutnya, katakan ‘simon says’ dilanjutkan dengan gerakan tertentu. Misalnya ‘simon says stand up’ maka semua peserta harus berdiri.
Sesekali, Anda katakan gerakannya tanpa ada ‘simon says’, maka siswa yang melakukan gerakan akan duduk dan berarti telah kalah. Pemenangnya adalah siswa yang tetap berdiri hingga akhir.
Agar lebih menantang katakan lebih cepat, dan pastinya semua dalam bahasa Inggris.
Anda juga bisa menantang salah satu siswa Anda untuk menjadi Simon dan memberi instruksi seperti yang Anda lakukan, lalu berikan hadiah pada siswa tersebut.

Semoga bermakna.

Proyek Pelajar Pancasila KEARIFAN LOKAL "Tumpeng Simbol Keragaman Budaya"

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. Proyek penguatan profil pelajar Pa...