Kegiatan merangkai dan meronce memerlukan beberapa aspek atau pengetahuan dasar untuk membuatnya, diantaranya adalah aspek tujuan dan fungsi, prinsip penyusunan dan penataan, aspek bahan, aspek teknik, aspek penyelesaian
Karya kerajinan seperti merangkai dan mer
Merangkai maupun meronce dapat berfungsi untuk alat bermain anak, benda-benda yang akan dirangkai tidak di tujukan untuk kebutuhan tertentu melainkan untuk melatih memperoleh kepuasan rasa dan memahami keindahan. Itulah proyek Tema 8 siswa kelas 3 SDK Sang Timur Pasuruan.
Mereka diminta oleh guru untuk menyelesaokan proyel terbimbing dengan orang tua dirumah untuk membuat karya roncan. Memanfaatkan media bebas anak-anak bereksplorasi dan berinovasi melalui benda-benda dekoratif.
Anak-anak dapat menghabiskan waktu belajar dan bermain berimajinasi bersama orang tua dirumah.
Secara garis besar manfaat penataan ini adalah;
a) Melatih imajinasi melalui bentuk dan konstruksi bentuk dan bahan.
b) Melatih ketelitian melalui kecermatan merangkai serta menyusun benda-benda tersebut.
c) Melatih keajegan atau irama melalui urutan, tingkatan, serta kedudukan masing-masing benda terhadap benda yang lain,
d) Melatih rasa kebersamaan, jika merangkai secara bersama-sama,
e) Ekspresi atau mengutarakan pendapat melalui pengandaian bentuk untuk menyatakan keinginannya terhadap benda yang diminta.
Kegiatan bermain bagi anak sebenarnya merupakan latihan untuk mengenal benda serta sesuatu yang ada dilingkungan sekitarnya melalui peniruan.
Merangkai dan meronce dapat ditujukan untuk melatih kreativitas, yaitu dengan cara mengubah fungsi lama menjadi fungsi baru. Seni merangkai ini lebih cendrung dikatakan sebagai seni bentuk dengan teknik merangkai dan meronce sperti halnya yang dilakukan siswa siswi SDK Sang Timur Pasuruan.
Aspek keindahan dari merangkai dan meronce terletak pada cara menyusun benda-benda sebagai komponen rangkaian dapat menarik perhatian, antara lain:
a. Kesatuan, yaitu prinsip menyusun yang bertujuan agar susunan tersebut menarik.
b. Keseimbangan dengan memperhatikan masing-masing ukuran, bentuk serta pengikatnya, apakah berupa garis, warna pengikat serta yang lain.
c. Irama adalah penyusun yang memperhatikan ukuran benda.
Dengan demikian siswa menjadi termotivasi untuk mencipta karya.
Semoga bermakna,
Media pembelajaran Daring / online. GLORY POWEROCK EDUTECH SIAP-SIGAP-UP DATE-MEYENANGKAN
Menangkal Miskonsepsi: Menuju Implementasi Kurikulum Merdeka yang Sukses
Menangkal Miskonsepsi: Menuju Implementasi Kurikulum Merdeka yang Sukses Kurikulum Merdeka, diluncurkan Kemendikbudristek tahun 2022, ha...
-
Indikator: Mengidentifikasi Persebaran Fauna di Indonesia 1. Garis yang memisahkan dua bagian flora dan fauna di Indonesia dikenal...
-
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar ! 1. Rumus volume kerucut adalah .... a. V = alas x...