Selasa, 16 Juli 2019

Tingkatan operasi hitung penjumlahan

Tahukah kamu bahwa operasi-operasi hitung tersebut mempunyai
tingkatan dalam urutan pengerjaannya.
Mari kita selesaikan operasi hitung campuran penjumlahan
dan pengurangan berikut ini.

  1. 300 + 25 – 60  = (300 + 25) – 60
                        = 325 – 60
                        = 265
  1. 225 -5 + 32    = (225 – 5) + 32
                        = 220 + 32
                        = 252

Selanjutnya, mari kita selesaikan operasi hitung campuran perkalian dan pembagian berikut ini.

  1. 5 x 12 : 3        = (5 x 12) : 3
                        = 60 : 3
                        = 20
  1. 14 : 2 x 3        = (14 : 2) x 3
                        = 7 x 3
                        = 21

Operasi hitung perkalian dan pembagian berasal dari penjumlahan dan pengurangan yang berulang, maka mempunyai tingkatan yang lebih tinggi. Sehingga operasi hitung perkalian dan pembagian harus didahulukan daripada penjumlahan dan pengurangan
187 + 39 : 3               = 187 + (39 : 3)
                                    = 187 + 13
                                    = 200
2. 196 – 5 × 25          = 196 – (5 × 25)
                                    = 71
Jika dalam operasi hitung campuran terdapat tanda kurung, maka operasi hitung yang di dalamnya dikerjakan paling awal.
Dari uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa dalam operasi hitung campuran ada beberapa kaidah pengerjaan hitung campuran pada bilangan bulat, yaitu sebagai berikut.

  1. Semua operasi hitung yang terdapat dalam tanda kurung, dikerjakan lebih dulu.
  2. Operasi perkalian dan pembagian lebih kuat daripada operasi penjumlahan dan pengurangan.
  3. Operasi perkalian dan operasi pembagian sama kuat.
  4. Operasi penjumlahan dan operasi pengurangan sama kuat.
LEMBAR KERJA SISWA
  1. 28 × 10 : 4      =  . . . .
  2. 450 : 75 × 16 = . . . .
  3. 187 + 39 : 3 = . . . .
  4. 196 – 5 × 25 = . . . .
  5. 456 + 167 – 308 = . . . .
  6. 695 – 500 + 75 = . . . .
  7. 40 + 16 × 10 = . . . .
  8. 14 × 10 – 1.750 : 25 = . . . .
  9.  (640 + 360) : 10 = . . . .
  10. 14 × 10 – 1.750 : 25 = . . . .

Kerjakan soal dibawah ini:
1). Nilai dari (-28) + 15 – 30 =……..
A.-43 C. 3
B. -33 D. 33

2). Nilai dari 210 – (-45) + (-93) = ….
A. 72 C. 165
B. 162 D. 258

3). Hasil dari 561 + (-87) – 617 = ……
A. -1.091 C. -245
B. -891 D. -143

4). Hasil dari 453 + (-512) - (268 - 629) = ……
A. -420 C. 302
B. -302 D. 420

5). Hasil dari -1.682 + 4.712 – (-2.121) adalah  ……
A. 878 C. 4.273
B. 909 D. 5.151

6). (-64 x 17) : (-8) = ……..
A. -136 C. 112
B. -112 D. 136

7). 36 x (-54) : 6 = ……..
A. -426 C. 324
B. -324 D.426

8). 1728 : (-6) x 4 = ………
A. -1.152 C. 1.104
B. -1.104 D. 1.152

9). (-72) : 4 x (-19) = ……..
A. – 532 C. 342
B. -342 D. 532

10). 894 : (-6) x 24 = …….
A. 3.576 C. -2.536
B. 2.536 D. -3.576



11). 100 x (-20) : 5 = ……..
A. -400 C. 25
B. -25 D. 400

12). -96 : (-4) x 6 : (-2) = ……..
A. -72 C. 64
B. -64 D. 72

13). 28 x (-43) : (-4) = …….
A. -1.204 C. 301
B. -301 D. 1.204

14) (-76) x (-23) : (-4) = …….
A. 437 C. -234
B. 234  D. -437

15). 75 x (-13) : 25 = ………
A. -39 C. 31
B. -31 D. 39

16). (-64 x 17) : (-8) = ……..
A. -136 C. 112
B. -112 D. 136

17) 36 x (-54) : 6 = ……..
A. -426 C. 324
B. -324 D.426

18) 1728 : (-6) x 4 = ………
A. -1.152 C. 1.104
B. -1.104 D. 1.152

19)  (-72) : 4 x (-19) = ……..
A. – 532 C. 342
B. -342 D. 532

20) 894 : (-6) x 24 = …….
A. 3.576 C. -2.536
B. 2.536 D. -3.576

21) 100 x (-20) : 5 = ……..
A. -400 C. 25
B. -25 D. 400

22) -96 : (-4) x 6 : (-2) = ……..
A. -72 C. 64
B. -64 D. 72

23) 28 x (-43) : (-4) = …….
A. -1.204 C. 301
B. -301 D. 1.204

24) (-76) x (-23) : (-4) = …….
A. 437 C. -234
B. 234  D. -437

25) 75 x (-13) : 25 = ………
A. -39 C. 31
B. -31 D. 39

26) Jika n = -48 : 16 x (-3), nilai n = …….
A. -9 C. 1
B. -1 D. 9

27) (-64 x 17) : (-(8 x 34)) = ……..
A. -4 C. 2
B. -2 D. 4

28) 1728 : (-24) x 4 = ………
A. -288 C. 18
B. -18 D. 288

294) 36 x (-54) : (-18) =…..
A. 108 C. -106
B. 106 D. -108

30) (-20) x (-252) : 14 x (-3) = …….
A. 1.080 C. -120
B. 120 D. -1.080

Proyek Pelajar Pancasila KEARIFAN LOKAL "Tumpeng Simbol Keragaman Budaya"

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. Proyek penguatan profil pelajar Pa...