Selasa, 16 Juli 2019

Organ Gerak Hewan (VB) Tema 1

Tuhan menciptakan dunia beserta seluruh
isinya, salah satu contohnya adalah makhluk hidup. Makhluk hidup didunia ada berbagai macam, salah satu contohnya adalah hewan. Hewan merupakan makhluk ciptaan  tuhan yang  cenderung sama dengan manusia pada organ tubuhnya, hanya saja perbedaannya terletak pada akal.
Hewan tidak memiliki akal, sedangkan manusia memiliki akal. Hewan melakukan sesuatu berdasarkan nalurinya, sedangkan manusia melakukan sesuatu berdasarkan akal pikirannya. Itulah yang mendasari perbedaan organ pada hewan dan organ pada manusia. Hewan bergerak karena hewan mempunyai organ gerak yang biasa disebut organ gerak hewan, manusia bergerak karena manusia mempunyai organ gerak yang biasa disebut organ gerak manusia.
Pada artikel ini yang akan dibahas oleh Mr. ALVON adalah mengenai organ gerak hewan. Ingin tahu organ gerak hewan itu terdiri dari apa saja? Yuk baca artikel  ini hingga akhir agar kita tahu apa saja organ gerk hewan.
Berdasarkan jenisnya, hewan terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu Vertebrata (hewan yang bertulang belakang) dan Avertebrata (hewan yang tidak mempunyai tulang belakang). 
Organ atau system gerak yang terdapat pada hewan vertebrata dan avertebrata mempunyai fungsi yang sama yang berhubungan langsung dengan bentuk rangka dan tubuh hewan, akan tetapi cara hewan berpindah tempat itulah yang menjadi pembeda antara hewan satu dengan hewan yang lainnya. Kita ambil contoh organ atau system gerak pada hewan Pisces (Ikan) dan Reptil (Ular).
Ikan merupakan hewan berdarah dingin yang hidup di dalam air, memiliki sisik dan bergerak menggunakan sirip. Agar ikan mudah bergerak, ikan mensekresikan lendir yang ada pada tubuhnya agar tubuhnya menjadi licin dan dapat meminimalkan gesekan dengan air. Ikan bernafas menggunakn insangnya, namun ada juga beberapa ikan yang bernafas menggunakan paru-paru sehingga ikan tersebut perlu keluar dari air untuk menghirup udara.
Rangka ikan terdiri dari tulang-tulang dan rawan-rawan yang menempel pada jaringan penghubung (serat putih yang menhubungkan urat daging yang berisikan struktur yang dapat digerakkan, misalnya tulang) dan jaringan berserat yang menghubungkan dua atau lebih tulang atau rawan yang dapat digerakkan.
Ikan mempunyai organ khusus yang dapat membantunya dalam berenang, yaitu  gelembung renang. Organ ini bentuknya dengan mirip balon (gelembung) yang ada pada  tubuh ikan, gelembung ini berfungsi agar memudahkan ikan mengapung dan bergeak di dalam air.
Ular bisa bergerak dengan cara melata atau merayap baik itu di tanah ataupun pada saat di air. Bentuk tulang ular terdiri dari tulang tengkorak, tulang badan, dan tulang ekor. Struktur yang terkandung pada tulang badan terdiri dari ratusan buah ruas-ruas tulang belakang. 
Pada tulang tengkorak, tepatnya pada tulang rusuk yang terhubung  menggunakan tulang belakang dan dislimuti otot-otot yang begitu lentur akan tetapi kuat. Dengan bentuk tubuh tersebut serta banyaknya ruas-ruas yang terdapat pada tulang belakang itulah yang dapat menyebabkan ular bisa bergerak dengan cara meliuk-liukkan badannya kearah kanan dan ke arah kiri  dengan tempo yang cepat.
Hewan yang berada di udara memiliki cara gerak yang berbeda dengan hewan yang ada di dalam air, karena hewan di udara seperti burung yang bisa terbang bebas di udara ini memiliki sayap dan juga rangka tulang yang mendukung. 
Setiap burung mempunyai cara terbang yang berbeda-beda tergantung dengan bentuk tubuh burung tersebut. Burung sendiri bisa terbang karena memiliki bentuk tubuh yang mempunyai gaya angkat yang lebih besar jika dibanding dengan hewan lainnya sehingga bisa melepaskan pengaruh dari gaya grafitasi yang dimiliki oleh bumi.
Kodok dan katak merupakan contoh hewan amphibi yang memiliki konstruksi tulang katak yang terdiri dari tulang badan, tulang anggota gerak dan juga tulang tenggorak atau tulang kepala. Amfibi sendiri memiliki sendi baik itu di lutut, bahu, siku atau pun pinggul, pergelangan kaki dan tangan, sendi ini sendiri memudahkan hewan amfibi untuk bisa bergerak dengan cara melompat.
Ada banyak sekali contoh dari hewan mamalia yang ada di sekeliling kita, seperti kucing, sapi, kambing, kuda hingga kerbau dan masih banyak yang lainnya. 
Mamalia hidup di berbagai jenis habitat, ada mamalia yang hidup di darat, udara hingga mamalia yang hiduo di air. Salah satu contoh hewan mamalia adalah kuda yang bergerak dengan menggunakan ke empat kakinya. Pada saat bergerak kaki belakang kuda akan mendorong kaki depan, sehingga cepat atau lambatnya pergerakan kuda dipengaruhi oleh kedua kaki belakangnya.

Proyek Pelajar Pancasila KEARIFAN LOKAL "Tumpeng Simbol Keragaman Budaya"

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. Proyek penguatan profil pelajar Pa...