Sumber Energi Panas
Benda
yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi
panas dapat kita jumpai di alam, salah satunya adalah matahari. Matahari
merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi
panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada
tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari
hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk
manusia. Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi
menjadi hangat.
Dalam
kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai
kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi
setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk
mengeringkan pakaian yang basah. Cobalah kamu gosokkan kedua tanganmu selama
satu menit! Apa yang kamu rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik!
Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit! Lalu
sentuhlah permukaan mistar plastik itu! Apa yang kamu rasakan? Setelah kamu
melakukan dua kegiatan tersebut, apakah kamu merasakan panas? Energi panas
dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda.
Pada
kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara
mistar dan kain, dapat menimbulkan energi panas. Selain matahari dan gesekan
antara dua benda, energi panas juga dapat diperoleh dari api. Pada zaman
dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah batu yang
kering sampai keluar percikan api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu
menggunakan kayu kering lalu digosok-gosokkan dengan tanah yang kering sampai
keluar api. Ternyata gesekan dua benda antara dua batu kering, dan gesekan
antara dua kayu kering dapat menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api
mudah dihasilkan dari korek api dan kompor.
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan di atas!
1.
Apa yang dimaksud dengan sumber energi panas?
2.
Sebutkan paling sedikit dua sumber energi panas yang kamu ketahui!
3.
Apa saja manfaat yang didapatkan makhluk hidup dari matahari?
4.
Tunjukkanlah cara-cara sederhana untuk membuktikan adanya energi panas di
sekitarmu!
5.
Bagaimanakah cara nenek moyang kita untuk mendapatkan api?
6.
Mengapa api sangat penting dalam kehidupan manusia?
Bacalah kembali bacaan
di atas dengan saksama. Lalu, jawablah pertanyaan berikut ini!
1.
Apa judul bacaan di atas?
2.
Tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf di atas. Kata kunci adalah
kata-kata yang kamu anggap penting dalam sebuah paragraf.
Perhatikan
contoh!
Paragraf
1 : energi panas; sumber energi; proses fotosintesis.
Paragraf
2 :
Paragraf
3 :
Paragraf
4 :
3.
Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskanlah kesimpulan
bacaan di atas kepada teman sebangkumu!
Perbedaan Suhu dan
Panas
Indra
peraba, seperti telapak tangan tidak dapat menentukan secara tepat derajat
panas dan dingin suatu benda. Tangan hanya dapat memperkirakan panas dan dingin
suatu benda. Tangan tidak dapat menjelaskan berapa nilai derajat panas atau
dinginnya suatu benda. Pernahkah kamu pergi berkemah ke daerah pegunungan?
Ketika malam hari saat kamu berkemah di daerah pegunungan, kamu akan merasakan
bahwa cuaca di sekitarmu terasa dingin sehingga kamu memerlukan jaket tebal
untuk menghangatkan tubuhmu. Lain halnya dengan penduduk yang tinggal di dataran
tinggi seperti daerah pegunungan. Mereka tidak terlalu merasakan hawa dingin
karena mereka sudah terbiasa dengan hawa dingin di pegunungan.
Hal
tersebut, membuktikan bahwa indra peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur
derajat panas suatu benda karena setiap orang memiliki perbedaan dalam
merasakan suhu di sekitarnya. Nah, dalam ilmu pengetahuan alam untuk menyatakan
tingkat panas dinginnya suatu keadaan digunakan suatu besaran yang disebut suhu
atau temperatur.
Panas
(kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda. Energi panas merupakan salah satu
energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Ketika sebatang
logam dipanaskan dengan api, batang logam tersebut mendapatkan energi panas
dari api. Energi panas membuat batang logam tersebut menjadi panas. Ketika
batang logam tersebut panas, suhunya meningkat. Ketika batang logam menjadi
dingin, suhunya menurun. Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas
suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut.
Satuan suhu yang digunakan di Indonesia adalah derajat Celcius (°C). Alat untuk
mengukur suhu disebut termometer. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan
diukur dengan kalorimeter.
A.
Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Kemudian, jawablah pertanyaan
berikut ini!
1.
Apa judul bacaan di atas?
2.
Tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf di atas!
Paragraf
1 :
Paragraf
2 :
Paragraf
3 :
3.
Buatlah sebuah pertanyaan dengan menggunakan kata kunci yang kamu tentukan dari
setiap paragraf pada bacaan di atas. Lalu, mintalah temanmu untuk menjawabnya!
4.
Buatlah paling sedikit dua pertanyaan tentang bacaan yang ingin sekali kamu
ketahui lebih dalam!
Tahukah
kamu? Termometer pertama kali dibuat pada tahun 1592 oleh seorang ilmuwan
Italia bernama Galileo Galilei yang menggunakan udara dan air. Pada tahun 1714,
ilmuwan Jerman bernama Daniel Gabriel Fahrenheit membuat termometer yang berisi
air raksa. Dan pada tahun 1742, ilmuwan Swedia bernama Andres Celsius menemukan
termometer yang menggunakan skala ukuran 100. Di Indonesia, termometer yang
banyak digunakan saat ini adalah termometer Celsius yang menggunakan ukuran 0
hingga 100 derajat.
Manusia dengan
Lingkungan Alam
Semua
makhluk hidup yang ada di bumi, melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup
maupun dengan lingkungannya. Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan
makhluk hidup. Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi makhluk hidup,
karena alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup. Benda mati dan makhluk
hidup saling memengaruhi antara satu dengan yang lainnya. Bahkan, antarkeduanya
saling berkaitan. Salah satu bentuk hubungan antara benda mati dan makhluk
hidup adalah jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat dapat
memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang di daerah
tersebut. Makhluk hidup juga dapat memengaruhi benda mati. Contohnya daerah
yang banyak tumbuhannya akan menyebabkan daerah tersebut menjadi lebih sejuk.
Daerah yang masih banyak tumbuhannya cenderung
memiliki
air tanah yang baik dan berlimpah. Hal ini terjadi karena, tanaman membantu tanah
untuk menahan air dan menyimpannya di dalam tanah dengan baik. Bagaimana dengan
manusia? Hubungan antara manusia dan lingkungan alam dapat dikelompokkan
menjadi dua. Pertama hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan
diri dengan alam. Kedua adalah hubungan yang membuat manusia dapat memanfaatkan
alam sekitarnya. Salah satu cara manusia untuk menyesuaikan diri dengan alam,
adalah dengan mempelajari peristiwa alam yang ada di lingkungannya. Para petani
harus menyesuaikan waktu tanam dengan musim hujan agar tanamannya dapat tumbuh
dengan baik. Para nelayan memilih waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan
keadaan cuaca agar terhindar dari bencana dan memperoleh tangkapan ikan yang
banyak. Manusia juga harus dapat memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan
hidupnya dengan menggunakan iImu pengetahuan dan teknologi. Contohnya, untuk
menanggulangi akibat kemarau panjang yang menyebabkan menurunnya hasil
pertanian, manusia mencoba membuat hujan buatan. Pembuatan hujan buatan ini,
tentu dengan menggunakan pengetahuan dan teknologi. Sumber : dari berbagai
sumber
Konvensi Hak-Hak Anak
Anak-anak
merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan sebuah bangsa. Oleh karenanya,
kebutuhan untuk tumbuh dan berkembang dalam kehidupan anak harus diutamakan.
Sayangnya, tidak semua anak mempunyai kesempatan yang sama dalam mewujudkan
harapannya. Banyak di antara mereka yang mengalami kesulitan untuk tumbuh dan
berkembang secara sehat dan mendapatkan pendidikan yang terbaik. Banyak anak
berasal dari keluarga yang kurang mampu yang tidak mendapatkan layanan
pendidikan dan kesehatan. Tak hanya itu, akibat perang dan pertikaian yang
terjadi di beberapa negara menyebabkan banyak anak yang menjadi korban. Hak-hak
mereka terabaikan sehingga menjadi korban kekerasan. Oleh karenanya,
Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mensahkan Konvensi Hak-hak Anak (Convention On
The Rights of The Child) pada tanggal 20 November 1989.
Konvensi
ini bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap anak dan menegakkan
hak-hak anak di seluruh dunia. Konvensi Hak Anak, merupakan sebuah dokumen yang
dibuat oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang secara resmi memberikan
hak-hak kepada anak-anak sedunia. Dokumen ini juga telah diratifikasi atau
disetujui oleh hampir semua pemimpin negara yang ada di dunia. Indonesia
menjadi salah satu negara yang mendukungnya pada tahun 1996. Apa saja hak-hak
anak menurut Konvensi Hak-Hak Anak? Menurut konvensi ini hak anak dikelompokkan
dalam 4 golongan, yaitu:
1.
Hak Kelangsungan Hidup, hak untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak
memperoleh standar kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya.
Apakah kamu tahu nama lengkap kedua orang tuamu? Apakah kamu tahu asal usul
kedua orang tuamu? Apakah kamu tahu asal usul keluargamu? Setiap anak berhak
tahu keluarganya dan identitas dirinya.
2.
Hak Perlindungan, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan
keterlantaran. Kamu memiliki hak yang sama dengan anak-anak lain untuk
melakukan kegiatan keagamaanmu, atau melakukan kegiatan perayaan tradisimu.
Sebagai seorang anak kamu belum boleh bekerja, dan kamu berhak diperlakukan
secara baik tanpa kekerasan.
3.
Hak Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup
yang layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial. Kamu
memiliki hak untuk sekolah, mendapatkan tempat tinggal, mendapatkan makanan dan
minuman yang layak. Hakmu adalah bermain dan mendapatkan istirahat yang cukup,
karena hal itu diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembanganmu sebagai seorang
anak. 4. Hak Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal
yang memengaruhi anak. Kamu mempunyai hak untuk mendapatkan informasi yang
sesuai dengan usiamu. Kamu juga berhak untuk memberikan pendapat jika itu
berhubungan dengan kehidupanmu sebagai seorang anak.
Hak-Hak
Seorang Siswa Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh
pendidikan. Setiap anak yang menjadi warga negara berhak atas kesempatan untuk
mengikuti pendidikan. Hal ini sesuai dengan Konvensi Hak Anak yang
ditandatangani pemerintah Indonesia. Setiap anak di Indonesia memiliki hak
untuk memperoleh pengetahuan, kemampuan dan keterampilan yang akan membantunya
menjadi warga negara yang mandiri di kemudian hari. Setiap anak yang belajar di
sebuah lembaga pendidikan, baik formal maupun tidak formal, disebut sebagai
siswa. Setiap siswa yang belajar di sebuah sekolah mempunyai hak-hak yang sama.
Menurut Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 1990, yang dimaksud dengan hak-hak siswa
adalah hak untuk:
1. mendapat
perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya;
2.
memperoleh pendidikan agama sesuai
dengan agama yang dianutnya;
3.
mengikuti program pendidikan yang
bersangkutan atas dasar pendidikan berkelanjutan, baik untuk mengembangkan
kemampuan diri maupun untuk memperoleh pengakuan tingkat pendidikan tertentu
yang telah dibakukan;
4.
mendapat bantuan fasilitas belajar,
beasiswa, atau bantuan lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku;
5.
pindah ke sekolah yang sejajar atau yang
tingkatnya lebih tinggi sesuai dengan persyaratan penerimaan siswa pada sekolah
yang hendak dimasuki;
6.
memperoleh penilaian hasil belajarnya;
7.
menyelesaikan program pendidikan lebih
awal dari waktu yang ditentukan;
8. mendapat
pelayanan khusus bilamana menyandang cacat
Kewajiban
Warga Negara dan Siswa
Apakah yang kamu rasakan jika sekolahmu dipenuhi dengan
sarana belajar yang kotor, penuh coretan, dan rusak? Demikian juga dengan
dinding sekolah yang penuh coretan, buku siswa yang sobek-sobek, kamar mandi
sekolah yang kotor, dan bangku-bangku kelas yang penuh dengan tulisan-tulisan.
Kamu tentu sedih dan prihatin, karena dengan demikian kamu tidak dapat belajar
dengan baik. Salah satu hak siswa adalah mendapatkan pendidikan yang layak.
Tetapi pada saat yang sama siswa juga mempunyai kewajiban untuk menjaga sarana
pendidikan agar haknya terpenuhi. Jika siswa tidak melakukan kewajiban
tersebut, maka sarana belajarnya akan rusak sehingga kegiatan belajar akan
terganggu. Apakah yang dimaksud dengan kewajiban? Menurut Kamus Besar Bahasa
Indonesia, kewajiban berasal dari kata wajib yang berarti harus dilakukan atau
diamalkan. Sehingga kewajiban adalah sesuatu yang wajib dilaksanakan. Kewajiban
merupakan sesuatu yang harus dilakukan untuk menjamin haknya terpenuhi. Semua
siswa yang sedang belajar di Indonesia, wajib mengikuti peraturan yang
ditetapkan Negara melalui undang-undang. Semua kewajiban ini, harus dilakukan
untuk menjamin seorang siswa mendapatkan haknya. Seorang siswa berhak untuk
mendapatkan pendidikan yang layak. Maka kewajiban siswa, antara lain menaati
peraturan yang berhubungan dengan pendidikan, misalnya menaati peraturan
sekolah.
Perubahan Akibat
Perubahan Suhu
Suhu
menunjukkan derajat panas benda. Semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas
benda tersebut. Suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh suatu benda. Energi
panas dapat mengubah benda. Beberapa benda akan mengalami pemuaian. Pemuaian
panas adalah perubahan suatu benda yang dapat menjadi bertambah panjang, lebar,
luas, atau berubah volumenya karena terkena kalor atau panas. Tetapi
sebaliknya, benda dapat mengalami penyusutan. Penyusutan adalah perubahan suatu
benda yang menjadi berkurangnya panjang, lebar, dan luas karena terkena suhu
dingin. Pemuaian dan penyusutan bisa terjadi pada logam, udara, dan air.
Berikut ini adalah beberapa contoh pemuaian dan penyusutan benda karena
perubahan suhu dalam kehidupan sehari-hari.
1. Pemasangan
Kaca Jendela
Pernahkah kamu
mengamati posisi kaca yang terpasang pada jendela? Atau mungkin kamu pernah
melihat proses pemasangan kaca jendela yang dilakukan oleh tukang kayu. Para
tukang kayu selalu merancang ukuran bingkai jendela yang sedikit lebih lebar
dari ukuran sebenarnya. Mengapa harus demikian? Hal ini dilakukan oleh tukang
kayu dengan tujuan untuk memberikan ruang pemuaian bagi kaca saat terkena
panas. Jika bingkai jendela tidak diberi ruang pemuaian, maka ketika terkena
panas akan mengakibatkan kaca menjadi retak atau bahkan pecah. Selain itu,
untuk menghindari keretakan kaca saat ada bunyi yang menggelegar seperti ketika
ada petir, atau bunyi keras lainnya.
2.
Ban Sepeda/Motor dan Mobil
Tahukah kamu apa yang
terjadi ketika kamu memompa udara terlalu banyak ke dalam ban sepedamu? Jika
ban sepeda, ban sepeda motor, dan ban mobil, diisi udara terlalu banyak, maka
ban akan mengeras dan menjadi tidak nyaman dikendarai. Selain itu, mengisi
udara terlalu penuh ke dalam ban sepeda atau mobil akan membahayakan
pengemudinya. Ban yang diisi terlalu banyak udara dapat meletus dan dapat
mengakibatkan kecelakaan. Hal ini disebabkan karena udara di dalam ban dapat
memuai karena panas.
3.
Kawat/kabel Listrik dan Telepon
Apakah kamu
memperhatikan bahwa kawat atau kabel telepon dan listrik terlihat mengendur dan
tidak tegang? Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kawat atau kabel tidak putus
pada malam hari ketika mengalami penyusutan. Selain itu, agar kawat atau kabel
tidak putus jika tertimpa pohon yang tumbang.
4.
Pemuaian yang Terjadi pada Gelas Kaca
Pernahkah kamu melihat
sebuah gelas kaca yang tiba-tiba pecah atau retak ketika dituangi air panas?
Hal ini terjadi karena adanya pemuaian yang tidak merata pada bagian gelas.
Oleh karena itu, disarankan agar tidak menuangi gelas basah atau gelas dingin
dengan air panas yang baru mendidih.
5.
Pemuaian pada Sambungan Rel Kereta Api
Sambungan pada rel
kereta api, dibuat ada celah antara dua batang rel. Hal ini dilakukan untuk
memberikan ruang muai sehingga saat terkena panas, rel tersebut tidak
melengkung. Rel yang melengkung akan membahayakan gerbong kereta yang
melewatinya.
6.
Penggunaan Termometer
Tahukah kamu cara
menggunakan termometer klinis atau termometer badan? Termometer akan
ditempelkan ke beberapa bagian tubuh seperti dalam mulut atau ketiak. Tujuannya
adalah untuk mengukur suhu panas tubuh. Setelah beberapa lama, cairan di dalam
termometer akan naik karena terjadi pemuaian setelah mendapatkan panas dari
tubuh. Cairan akan berhenti pada angka tertentu untuk menunjukkan suhu tubuh.
Ketika termometer tidak digunakan, akan kembali turun karena mengalami
penyusutan.
Lengkapi kalimat
berikut
1.
Maju mundurnya sebuah negara tergantung kepada ……………………. warga negaranya.
2.
Setiap warga negara juga memiliki ……………………. dan kewajiban sesuai perannya di
dalam masyarakat.
3.
Setiap warga negara Indonesia, mempunyai tanggung jawab untuk memahami dan
mengamalkan nilai-nilai dalam ……………………. sebagai dasar Negara Republik
Indonesia.
4.
Tanggung jawab untuk menghormati perbedaan keyakinan teman dan anggota
masyarakat sesuai dengan pengamalan nilai Pancasila sila …………………….
5.
Menghargai pendapat orang lain, merupakan salah satu cara untuk menjaga
……………………. dan ……………………. bangsa yang juga merupakan pengamalan sila keempat
Pancasila.