Rabu, 14 Februari 2018

Prakarsa Mewujudkan Literasi

Dampak kemajuan dan semakin merambahnya pengetahuan dalam hal ini teknologi informasi yang selalu hadir dalam setiap sisi kehidupan manusia jaman NOW terus mendesak dan dirumuskan kembali dalam konteks pendidikan literasi. Kerangka literasi ini dapat didedah melalui perspektif & cara pandang segala lini dengan menitik beratkan pada kemampuan memahami dan mengerti terhadap segala sesuatu.

Cepat lajunya setiap informasi di dunia daring menghempaskan konstruksi berpikir manusia. Di satu sisi ia mendapatkan begitu banyak pengetahuan, tapi di lain sisi otaknya “dangkal" karena menjadi jongos masa kini dari informasi yang saling adu balap.

Persoalan demikian harus ditindaklanjuti dengan melakukan kajian ilmiah yang dapat dianalisia sebagai sebuah fenomena kekinian yang mereplace ulang tentang pondasi makna dan definisi literasi yang tak lagi berarti sebatas pada membaca dan menulis.

Kedudukan informasi dalam proses perkembangan intelektual SDM berperan sebagai gerbang awal sebelum memasuki tahap “mengetahui”. Selanjutnya, ia diikuti fase “memahami” yang secara tak langsung membentuk cakrawala baru yang lebih terang sehingga budaya dan kebiasaan akan terwujud menuju dampak konstruktif dalam upaya mewujudkan generasi literat.

Salam Literasi

Proyek Pelajar Pancasila KEARIFAN LOKAL "Tumpeng Simbol Keragaman Budaya"

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. Proyek penguatan profil pelajar Pa...