Senin, 19 Februari 2018

Apresiasi Karya Seni Rupa 3A SDK Sang Timur Pasuruan

Belajar menghargai karya seni membutuhkan kedalaman perasaan dalam menikmati sebuah keindahan yang tampak sebagai bentuk visualisasi.


Menghargai sebuah karya melalui apresiasi merupakan satu bentuk usaha menanamkan pendidikan karakter yaitu, menghargai, menghormati, berani, sportif, percaya diri yang timbul karena penciptaan keadaan pembiasaan.



Apresiasi karya adalah kegiatan menilai atau menghargai karya seni tersebut. Ada banyak hal yang dapat dijadikan dasar penilaian, diantaranya :

    Komposisi
    Warna
    Fungsi
    Dan Nilai keindahan karya seni tersebut. Setiap karya pasti memiliki pesan dan makna sekalipun karya perupa cilik ini. Mereka pasti memiliki alasan tertentu mengapa memilih untuk membuat cobek dengan pernak pernik keragaman warna dan motif.

Motif hias gambar dekoratif adalah satu wahana pembelajaran tentang pendidikan seni budaya dan prakarya. Dimana setiap siswa harus mampu membuat satu karya dan menghadirkannya dalam satu kegiatan pameran. Prakarya yang dimaksud adalah proyek kegiatan yang dilakukan secara terstruktur dan terbimbing.


Dalam hal ini, siswa siswi kelas 3A SDK Sang Timur Kota Pasuruan diajak mempelajari cara memberikan apresiasi karya seni rupa terapan berdasarkan fungsi dan keindahannya.

Siswa dilatih memaknai lebih dalam agar memiliki kepekaan perasaan dalam menilai suatu karya. Skill dan hubungan kepekaan menaruh estetika memunculkan kreatifitas dan inovasi dari dalam diri siswa.

Dengan demikian kekayaan mereka semakin bertambah bukan karena melihat banyak jenis karya yang dipamerkan melainkan mampu menghormati setiap usaha orang lain bahwa untuk menjadikan karya indah butuh kerja keras, usaha, bimbingan dan kemauan, waktu dan tenaga.

Semua itu menjadi menu wajib bagi peserta didik kelas 3A SDK Sang Timur Pasuruan sebagai satu budaya kelas.

Mereka sangat senang karena bisa berbagi pengalaman, menambah wawasan dan pengetahuan terutama dalam memberikan penilaian terhadap suatu karya satu dan lainnya.

Salam Seni
Salam Literasi

Proyek Pelajar Pancasila KEARIFAN LOKAL "Tumpeng Simbol Keragaman Budaya"

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. Proyek penguatan profil pelajar Pa...