Minggu, 02 Agustus 2020

Materi Tema 1 Sub Tema 3

Pelajari & catat informasi penting 

Pusat Pembuatan Gerabah di Dusun Klipoh
Dusun wisata di Klipoh merupakan pusat desa kerajinan pembuatan gerabah. Dusun tersebut terletak di desa Karanganyar, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang provinsi Jawa Tengah. Dusun klipoh berada tidak jauh dari objek wisata Candi Borobudur.  kegiatan dan proses pembuatan gerabah yang diwariskan secara turun-temurun terukir pada salah satu relief Candi Borobudur. Tradisi pembuatan gerabah di Dusun klipoh diperkirakan telah ada sebelum pembuatan candi Borobudur.

Sejak tahun 2000 Dusun klipoh mulai dikunjungi wisatawan. Wisatawan dapat mengikuti kegiatan proses pembuatan dan mencoba sendiri membuat gerabah. Beberapa hotel di sekitar kawasan Candi Borobudur memiliki paket kunjungan ke dusun klipoh.

Proses pembuatan gerabah di Lippo masih menggunakan teknik sederhana. Teknik ini berdasarkan pengetahuan yang diwariskan secara turun temurun. Pembuatan gerabah melalui berbagai proses antara lain pembentukan gerabah Proses pengeringan dengan menggunakan sinar matahari , dan proses pembakaran. Sebanyak 80% penduduk klipoh berprofesi sebagai pengrajin gerabah.

Berbagai produk gerabah yang dihasilkan di Klipoh antara lain Kendil, cobek ,blanker, kuali, cuwo dan wajan. Gerabah gerabah tersebut dijual dengan harga bervariasi antara Rp2.000 hingga Rp3.500. Bahan baku gerabah berupa tanah liat gerabah mereka beli dari pemilik tanah di Dusun tetangga yang di Dusun wadon Desa Karanganyar.

Contoh teks yang penulis sajikan di atas dapat digunakan sebagai bahan untuk pembelajaran menemukan ide pokok. Sebelum siswa dibelajarkan menemukan ide pokok, terlebih dahulu siswa diajak untuk menganalisis kata-kata sulit yang muncul pada teks tersebut.

Selanjutnya siswa diajak untuk menyelesaikan beberapa pertanyaan yang disusun oleh guru, terkait dengan pemahaman siswa terhadap teks yang telah dibaca. 

Berikut ini perlu disajikan beberapa daftar pertanyaan yang bisa digunakan dalam pembelajaran memahami teks yang dibaca.
1. Apakah ide pokok paragraf kedua pada bacaan tersebut di atas?
2. Sejak kapan Dusun wisata klipoh mulai didatangi oleh wisatawan?
3. Kegiatan apa yang dapat dilakukan wisatawan di Dusun wisata klipoh?
4.  Bagaimana teknik pembuatan gerabah?
5. Apa saja jenis gerabah yang dibuat masyarakat di desa tersebut?
6. Jelaskan istilah dibawah ini:
a. Pertanian
b. Perkebunan
c. Perikanan
d. Kehutanan
7. Jelaskan istilah dibawah ini:
a. Disersivikasi
b. Reboisasi
c. Tumpang sari
d. Rehabilitasi
e. Intensifikasi
f. Ekstensifikasi
8. Tulislah sebuah paragraf tentang keragaman di Indonesia.

Muatan PKN KD 3.1

Pada pembelajaran subtema 1 dan 2, tematik kelas 5 tema 1 sudah banyak dibahas mengenai nilai-nilai Pancasila. 

Namun pada kesempatan kali ini pada subtema 3 nilai-nilai Pancasila kembali dibelajarkan dan dimantapkan.

Berikut beberapa nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila.
1. Sila pertama. sila pertama Pancasila berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa.
Pada sila pertama warga negara Indonesia berhak untuk menjalankan dan memeluk agama sesuai dengan keyakinannya. 

Pada sila pertama ini pula, terkandung nilai bahwa setiap warga negara berhak untuk mendapatkan rasa aman dalam menjalankan ibadahnya. Kita tidak boleh memaksakan suatu agama terhadap orang lain. Hal tersebut sangat bertentangan dengan pengamalan sila pertama Pancasila.

Keberagaman agama yang ada di Indonesia, menjadi sebuah kekayaan bagi bangsa ini Dan juga untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan.

2. Sila ke-2, Kemanusiaan yang adil dan beradab. Pada sila ini menunjukkan bahwa setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban sebagai warga negara. Hak dan kewajiban tersebut harus dilaksanakan secara seimbang dan adil. Di sini juga diharapkan setiap warga negara memiliki Sikap tenggang rasa dan toleransi dalam kehidupan sosial.

3. Sila ke-3, Persatuan Indonesia. Pada sila ini kita dituntut agar selalu mencintai tanah air dan menjaga rasa persatuan dan kesatuan di dalam kerangka kebhinekaan. 

Sikap sikap positif yang harus dilakukan sesuai dengan sila ketiga Pancasila adalah mencintai produk produk dalam negeri, menghormati kebudayaan dari daerah lain, menjaga dan melestarikan kebudayaan daerah yang ada di seluruh Indonesia. 

Itulah beberapa sikap yang harus kita lakukan untuk menjaga sesuai dengan pengamalan sila ke-3.

4. Sila ke-4, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. 
Sikap yang sesuai dengan sila ini adalah senantiasa menunjukkan sikap musyawarah dalam merencanakan sesuatu.

Musyawarah yang dilakukan tentunya untuk mencapai mufakat. Ketika kemufakatan tidak tercapai maka dilakukan melalui pemungutan suara terbanyak atau yang dikenal dengan nama lain voting. 

Selain itu pula sikap yang sesuai dengan pengamalan sila keempat adalah berbicara yang santun saat bermusyawarah, menghormati perbedaan pendapat di dalam musyawarah, dan menerima hasil musyawarah dengan lapang dada.

5. Sila ke-5, menunjukkan setiap warga negara harus memiliki sikap gotong royong dan peduli antar sesama.
Memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan, merupakan salah satu wujud keadilan sosial Kepada seluruh masyarakat. 

Soal:
1. Uraikan secara singkat asal mula kata Pancasila!
2. Mengapa Pancasila menjadi cara pandang Bangsa Indonesia sekaligus dasar negara Indonesia?
3. Bagaimana cara kalian mengamalkan nilai nilai Pancasila dalam hidup sehari-hari?
4. Cari bukti sejarah isi sumpah Palapa mempersatukan Nusantara.
5. Berikan 3 contoh penerapan sila ke 3 Pancasila!
6. Apa yang melatar belakangi keragaman nusantara?
7. Apa yang kalian ketahui tentang Pancasila?
8. Uraikan sikap yang harus kita lakukan saat bermusyawarah!
9. Bagaimana cara kalian bekerjasama?
10. Gambar dan uraikan makna lambang sila 1 - 5!

 Muatan IPA, 
Cara membantu orang yang benar-benar membutuhkan pertolongan.
Pada pembelajaran subtema 3 dibahas tentang beberapa gangguan pada tulang.
Berikut ini akan kami sajikan beberapa gangguan pada tulang dan sendi.
1. Fraktura, adalah kondisi pada tulang karena kecelakaan atau terjatuh. Fraktura terbagi menjadi dua macam yaitu fraktura tertutup pada tulang yang tidak sampai menembus kulit dan fraktura terbuka pada tulang yang menembus kulit.

2. Fisura, adalah kondisi retak tulang karena benturan, terjatuh atau kecelakaan.

3. Keseleo, adalah gangguan pada persendian karena ligamen sendi tertarik. Keseleo terjadi karena adanya gerakan tiba-tiba atau melakukan gerakan yang tidak biasa.

4. Dislokasi, adalah pergeseran tulang karena robek atau tertariknya ligamen.

5. Memar sendi, adalah gangguan pada sendi karena selaput sendi robek.

6. Urai sendi, adalah memar sendi yang diikuti dengan lepasnya tulang dari persendian.

Selain gangguan pada tulang ada juga beberapa kelainan pada tulang. Berikut ini beberapa kelainan pada tulang.

1. Rakitis, adalah bentuk kaki O atau X. Kelainan ini terjadi sejak lahir penyebabnya saat hamil ibu kekurangan vitamin D dan kalsium.

2. Hidrosefalus adalah bentuk kepala membesar karena terjadi penggumpalan cairan dan pelebaran rongga otak. kelainan ini terjadi pada bayi sejak lahir.

3. Hidrosefalus kepala mengecil karena kelainan pertumbuhan tengkorak.

4. Osteoporosis adalah pengapuran tulang sehingga tulang menjadi lunak dan rapuh. osteoporosis terjadi pada golongan mana seiring bertambahnya usia

Kebiasaan salah dalam duduk, menyebabkan terjadinya bentuk tulang belakang yang tidak normal berikut ini kelainan pada tulang belakang.


A. Lordosis.
Lordosis terjadi jika tulang belakang melengkung ke depan sehingga kepala tertarik ke belakang.

B. Skoliosis.
Skoliosis terjadi jika tulang belakang melengkung ke arah samping sehingga badan tampak melengkung ke kanan atau ke kiri seperti huruf s.

C. Kifosis
Kifosis terjadi jika tulang belakang melengkung ke belakang sehingga penderita tampak seperti membungkuk.

 adanya gangguan dan kelainan pada tulang menyebabkan aktivitas manusia terganggu dan tidak berjalan maksimal.

Soal:
1. Jelaskan secara singkat tentang perbedaan fisura dan fraktura, sertakan contohnya!
2. Cari gambar gangguan organ gerak pasif dan tempel pada buku catatan kalian.
3. Bagaimana perbedaan lordosis, kifosis dan skoliosis?
4. Mengapa tulang bisa keropos?
5. Bagaiman cara terbaik menjaga kesehatan tulang?
6. Jelaskan yang dimaksud hydrosepalus!
7. Jelaskan secara singkat tentang oestoporosis!
8. Mengapa orang bisa saja terkena rakitis?

Muatan IPS
Merupakan negara maritim Apakah negara maritim itu?

Negara maritim adalah negara yang memiliki perairan yang luas. Selain sebagai negara maritim Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani.

Kondisi geografis yang membentang di wilayah Indonesia membuat banyak terdapat perbedaan dalam pekerjaan maupun kehidupan masyarakat. 

Selain keberagaman geografis Indonesia juga memiliki keragaman suku bangsa. Selain keberagaman suku Indonesia juga kaya akan keberagaman bahasa daerah. Bukan menjadi pemisah bagi bangsa Indonesia tetapi menjadi pemersatu dan mempererat tali persaudaraan.

 keragaman budaya tersebut tidak lepas dari kondisi geografis wilayah Indonesia yang luas. Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat luas di Asia Tenggara.

Indonesia terdiri dari 17000 pulau, diantaranya adalah Sumatera Kalimantan Jawa Sulawesi dan Papua.

Kini di setiap daerah tersebut sudah tersebar semua suku yang ada di Indonesia
Soal:
1. Mengapa Indonesia disebut negara kepulauan?
2. Mengapa Indonesia disebut negara maritim?
3. Tuliskan 2 faktor yang melatar belakangi bahwa Indonesia adalah negara Agraris.
4. Carilah informasi tentang Panca Usaha Tani.
5. Bagaimana kondisi geografis Indonesia!
7. Mengapa di Indonesia terdapat banyak gunung berapi?
8. Carilah gambar kenampakan alam dan tempel pada buku catatan kalian.
9. Jelaskan letak astronomis Indonesia.
10. Jelaskan letak geografis Indonesia.
11. Bagaimana dampak positif letak geografis Indonesia?
12. Bagaimana pengaruh letak geografis dan letak astronomis Indonesia?
13. Mengapa pulau Jawa menjadi pulau terpadat?
14. Tuliskan batas-batas NKRI!
15. Apa yang dimaksud ZEE?
16. Apa yang kalian ketahui tentang sistem pertanian tumpang sari?
17. Apa yang kalian ketahui tentang sistem subak pada masyarakat Bali?
18. Apa yang kalian ketahui tentang BMKG?
19. Apa saja faktor pendukung sistem pertanian modern?
20. Tuliskan hasil pertanian, perkebunan, kehutanan di Indonesia.


Muatan SBdP
Pada pembelajaran subtema 1 dan 2 sudah dibahas tentang gambar cerita salah satu gambar cerita adalah gambar kartun dan karikatur.

Gambar kartun dan karikatur banyak kita temukan pada gambar komik. komik adalah cerita bergambar yang bersifat lucu dan umumnya mudah dicerna. 

Dalam komik tidak hanya terdapat kamar tetapi juga beberapa kalimat kalimat yang mendukung alur cerita pada komik.

Kata-kata pada komik berfungsi untuk menjelaskan melengkapi dan memperdalam penyampaian gambar secara keseluruhan. 

Kata atau kalimat yang tertulis pada komik dibuat dalam bentuk gelembung-gelembung atau balon yang merupakan kalimat dari tokoh-tokoh tersebut.

Untuk lebih memperindah pembelajaran Anda bisa mengunduh beberapa gambar komik dengan gelembung percakapan.

Gambar tersebut bisa anda jadikan sebagai media pembelajaran bagi siswa yang selanjutnya disuarakan menambahkan kata-kata sesuai dengan alur cerita pada komik disebut.

Soal:
1. Buatlah komik singkat pada buku gambar kalian yang bertema tentang pertanian.
Cara mengerjakan.
a. Bagi buku gambar menjadi 4 bagian
b. Buatlah gambar karakter pendukung sertakan isinya
c. Warnai.
d. Upload pada lajur kerja kalian.

Selasa, 21 Juli 2020

RANGKA MANUSIA

Selain sebagai pelindung dan mendukung pergerakan tubuh, ada fungsi rangka manusia lainnya yang tak kalah pentingnya. Lalu, apa itu sebenarnya rangka manusia?

Rangka manusia adalah suatu sistem di tubuh yang terdiri dari tulang, tulang rawan atau kartilago,ligamen, dan jaringan lainnya. Sistem rangka manusia, bisa dibilang merupakan pondasi dasar dari tubuh kita.

Fungsi rangka manusia yang utama

Di area rangka tempat dua tulang yang bergerak berhadapan satu sama lain, tulang rawan akan menghubungkan keduanya dan memberikan kelenturan yang diperlukan untuk pergerakan tersebut. Lalu, ligamen akan mengikat kedua tulang keras tersebut serta tulang rawan.

Kerjasama antara 206 tulang yang ada di tubuh beserta dengan tulang rawan dan ligamen inilah yang akan menjalankan berbagai fungsi rangka manusia secara sistematis. Berikut ini, fungsi utama rangka manusia.

1. Sebagai pondasi tubuh kita

Fungsi rangka manusia yang pertama adalah sebagai pondasi tubuh. Sebab, rangka manusia bisa memberikan dukungan untuk struktur tubuh secara keseluruhan dan membuat organ dalam tetap berada di tempatnya.

Sebagai contoh, tulang belakang, tulang pinggul dan tulang kaki, akan bekerja sama untuk memungkinkan seseorang bisa berdiri sekaligus menahan berat tubuh.

2. Sebagai pelindung organ dalam

Sebagian besar organ dalam dengan konsistens jaringan yang lunak. Sehingga, tulang yang ada disekelilinginya berfungsi untuk melindungi agar organ yang lunak tersebut tidak mudah rusak.

Sebagai contoh, paru-paru dan jantung dilindungi oleh tulang dada atau tulang rusuk, dan tulang tengkorak yang berfungsi untuk melingungi otak. Selain itu,alat reproduksi pun dilindungi oleh tulang selangka.

3. Sebagai tempat melekatnya otot

Sistem rangka manusia, bersama dengan sistem otot, bekerja sama membentuk suatu sistem pergerakan yang dinamakan muskuloskeletal. Sistem inilah yang memungkinkan tubuh bergerak dengan leluasa.

Otot-otot yang ada di tubuh, terutama yang digunakan untuk bergerak seperti di kaki dan tangan, menempel di tulang paha, tulang kering, maupun tulang-tulang lainnya. Kedua organ ini akan bekerja sama untuk membuat anggota tubuh bergerak ke arah yang diinginkan. 

4. Membantu pergerakan

Perbedaan bentuk tulang, serta kecocokannya dengan sendi-sendi yang ada di tubuh, memungkinkan kita untuk bergerak secara bebas. Sebagai contoh, tulang-tulang kaki, membentuk sendi dengan tulang lutut, yang memungkinkan kaki kita bergerak ke depan dan ke belakang.

5. Memproduksi sel darah

Sel darah merah, sel darah putih, dan darah lainnya, diproduksi di sum-sum tulang yang terdapat di bagian dalam dari banyak jenis tulang.

6. Memberikan bentuk tubuh

Rangka manusia lah yang memberikan outline atau bentuk tubuh. Bentuk ini tentunya akan terus berubah selama masa pertumbuhan, mengikuti perubahan yang ada.

Selain memberikan tubuh karakter-karakter tertentu seperti ukuran tangan dan kaki, bentuk tubuh yang stabil juga penting untuk kesehatan tubuh. Sebagai contoh, tulang rusuk dan tulang belakang yang stabil, memungkinkan paru-paru mengambil udara dengan maksimal saat proses pernapasan.

7. Tempat menyimpan mineral dan nutrisi

Fungsi rangka yang terakhir adalah sebagai tempat untuk menyimpan mineral dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Tulang di tubuh kita, ternyata juga bisa menyimpan fosfor dan kalsium. Selain itu, jaringan adiposa atau lemak yang dapat digunakan sebagai energi, juga ditemukan sebagai bagian dari sum-sum tulang. 

Cara menjaga agar fungsi rangka manusia bisa berjalan baik

Agar fungsi rangka manusia bisa terus berjalan dengan baik, berikut ini langkah yang dapat dilakukan.

• Mengonsumsi cukup kalsium

Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang serta pertumbuhannya. Kalsium bisa didapatkan secara alami dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari, seperti susu, tahu, sayuran hijau, dan ikan.

• Memperoleh vitamin D

Tidak banyak makanan yang secara alami vitamin D, kecuali memang makanan yang secara khusus diperkaya dengan tambahan vitamin ini. Untuk mendapatkan vitamin D secara alami dalam jumlah yang cukup, sinar mataharilah sumbernya.

Habiskan waktu beberapa menit dalam sehari untuk mendapatkan sinar matahari. Apabila kebutuhannya belum juga terpenuhi, suplemen vitamin D dapat dikonsumsi sesuai dengan anjuran dokter.

• Olahraga dengan memanfaatkan berat badan sendiri

Tidak hanya ke pusat kebugaran, olahraga untuk menjaga fungsi rangka manusia juga bisa dilakukan sendiri. Jenis olahraga yang dianjurkan adalah olahraga yang memanfaatkan berat badan sebagai “alat” olahraganya, seperti lari, jalan, atau naik-turun tangga.

• Gunakan pelindung saat beraktivitas

Saat melakukan aktivitas fisik seperti bersepeda atau olahraga lainnya, sebaiknya gunakan alat pelindung untuk melindungi rangka dari cedera yang membahayakan.

Mengenal fungsi rangka manusia akan memberikan gambaran kepada Anda mengenai kecanggihan lainnya dari tubuh manusia. Sistem rangka sudah tersusun sedemikian rupa, agar fungsinya bisa berjalan secara otomatis dan teratur. Jaga terus kesehatan rangka Anda, untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat.

Kamis, 16 Juli 2020

How to introduce your self (Bagaimana cara memperkenalkan diri)

Respected teacher and all my classmates present here, a very good morning to all of you.

Today I will tell you something about myself.

As you may already know, my name is Maria Ahmad. I was born in Denpasar, Bali but I’ve been here since I was in elementary school.

I come from a small family. I have an elder brother who is in Jogjakarta for college now.

My parents work in culinary industry and that seems to be what influenced me to have my interest in this major. I cook or bake in my spare time, and sometimes I’ll just do yoga.

That’s it,

I appreciate your attention, thank you.

(Yang terhormat guru dan semua teman saya di sini, selamat pagi untuk kalian.

Hari ini saya akan memberi tahu sesuatu tentang diri saya.

Seperti yang kalian telah ketahui, nama saya Maria Ahmad. Saya lahir di Denpasar, Bali tapi saya sudah di sini sejak SD.

Saya datang dari keluarga kecil. Saya punya kakak laki-laki yang sekarang di Jogja untuk kuliah.

Orangtua saya bekerja di industri kuliner dan itu yang kiranya mempengaruhi ketertarikan saya dalam jurusan ini. Saya memasak atau memanggang di waktu luang saya, dan kadang saya melakukan yoga.


Task :

1. Find difficult words Based on the Text above!

2. Read loudly in front of your parents.

3. Write the Text how do you introduce your self?

4. Record on video max: 3 minutes. You can make video blog (vlog), perform without book than send to your teacher by What's app mesenger!

5. Your teacher Will choose 3 best video participant, then he will up load on YouTube.

Soal cerita Pecahan Matematika Kelas 5 Bagian 1

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang jelas dan tepat!

1. Dalam sebuah ember terdapat 6,5 liter air. Ternyata ember tersebut terguling dan air dalam ember tinggal 21/5 liter. Berapa liter air yang tumpah?
Jawab : ..................................................................................................
................................................................

2. Bu Ratna memiliki tepung terigu 21/2 kg. Kemudian digunakan untuk membuat kue sebanyak 1,25 kg. Berapa sisa tepung terigu Bu Ratna?
Jawab : ..................................................................................................
................................................................

3. Sebuah botol berisi minyak goreng 1/5 bagian. Berapa bagian lagi harus ditambah agar botol penuh?
Jawab : ..................................................................................................
................................................................

4. Berat dua ekor ikan 85,5 gram. Jika salah satu ikan beratnya 45,15 gram, berapa gram berat ikan yang lain?
Jawab : ..................................................................................................
................................................................

5. Bu Lastri membeli 2 1/2 kg jeruk. Bu Lastri juga membeli semangka yang beratnya 2 1/2 kg lebih berat dari jeruk. Berapa kg berat buah-buahan yang dibeli Bu Lastri?
Jawab : ..................................................................................................
................................................................

Selasa, 14 Juli 2020

Doa Harian Katolik Dalam Bahasa Inggris


Doa harian dalam bahasa Inggris.

TANDA SALIB

THE SIGN OF THE CROSSS
In the name of the Father and of the Son and of
the Holy Spirit.
Amen.

BAPA KAMI

OUR FATHER
Our Father, who art in heaven,
hallowed be thy name, thy kingdom come,
thy will be done on earth as it is in heaven.
Give us this day our daily bread,
and forgive us our trespasses
as we forgive those who trespass againts us
and lead us not into temptation,
but deliver us from evil.
Amen.

SALAM MARIA

HAIL MARY
Hail Mary, full of grace, the Lord is with You,
blessed art thou among women,
and blessed is the fruit of thy womb, Jesus.
Holy Mary, Mother of God, pray for us sinners,
now and the hour of our death.
Amen.

KEMULIAAN

GLORY BE
Glory be to the Father, and to the Son, and to the Holy Spirit.
As it was in the beginning, is now and ever shall be, world without end.
Amen.


GOD BLESS YOU :)

Rabu, 17 Juni 2020

RPP pembelajaran daring/online kelas 5

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Daring / Online

Nama Sekolah     : SDK Sang Timur Pasuruan
Kelas/Semester  : V/2
Tema           : 1 Organ gerak Hewan & Manusia
Sub tema 1 : Mengenal organ gerak Hewan dan Manusia

Waktu : 40 menit

Tahun Pelajaran  : 2020-2021

KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya. 
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan 
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru. 
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, 
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang 
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda 
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis 
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang 
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan 
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar (KD) :
Bahasa Indonesia
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis, lisan, visua
Indikator: 
Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan
Mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf

IPA
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta
cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
Indikator: 
Menyebutkan alat gerak hewan dan manusia
Menyebutkan pengertian, fungsi, dan caramenentukan ide pokok bacaan

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan menyimak video pembelajaran online organ gerak hewan dan manusia,
siswa dapat menyebutkan alat gerak hewan dan manusia secara benar. 
Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok
setiap paragraf dalam bacaan secara tepat. 
Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi
sebuah paragraf secara runtut. 
Dengan berdiskusi online, siswa dapat menyebutkan pengertian, fungsi, dan
cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.

SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Siswa Tema : Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2017).

glorypowerock YouTube channel : https://youtu.be/cq1SFalgYbA
https://youtu.be/ZmvBWMSbFdM

Sahabat Literasi Kota Pasuruan.blogspot.com

MATERI PEMBELAJARAN
Membaca bacaan tentang organ gerak hewan dan manusia melalui Sahabat Literasi Kota Pasuruan
Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan. 
Menulis dan mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf. 
Berdiskusi menyebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok
bacaan.

PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Model    : Problem Based Learning (PBL)
Metode : Presentasi, diskusi, penugasan
Strategi : Pembelajaran online (daring)


ALAT / MEDIA PEMBELAJARAN

Smartphone OS Android

glory powerock YouTube Channel


Langkah-langkah pembelajaran:
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit) :

Pengumuman dilakukan melalui stream di classroom .
Guru memberikan edukasi kepada siswa tentang langkah-langkah pembelajaran melalui Zoom Cloud Meeting
Guru meminta siswa untuk bergabung ke virtual class melalui link, ID & Password dengan memasukkan kode join yang telah dikirim oleh guru melalui 
Classroom
Presensi & pembiasaan melalui virtual class Zoom Cloud Meeting

Kegiatan inti (25 Menit)
Sebelum pembelajaran dimulai siswa diminta untuk membaca dengan cermat “PETUNJUK PEMBELAJARAN Online” yang telah disediakan pada google classroom di masing masing akun siswa.
Guru memberikan stimulus melalui Zoom Cloud Meeting
Siswa membaca/mendownload materi melalui blog pendidikan “Sahabat Literasi Kota Pasuruan” yang telah disediakan pada google classroom.
Siswa mendownload/membaca materi pembelajaran yang telah disediakan pada google classroom
Siswa dan guru melakukan diskusi melalui sub topik “Organ Gerak Hewan & Manusia” yang telah disediakan melalui ruang virtual di Zoom Cloud Meeting.
Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dan mengumpulkan/melampirkan hasil pengerjaan tugas melalui classroom

Kegiatan Penutup (5 Menit)
Guru memberikan penekan poin penting pembelajaran dan siswa menulisnya pada buku JLH 

Guru melakukan evaluasi pembelajaran yang telah disediakan pada google classroom

Guru mengakhiri pembelajaran dengan memutar lagu "Gita Sang Timur" melalui glory powerock YouTube channel.

Pasuruan, ... Juli 2020
Guru Kelas VB

Alvonsus Glori A, S.Pd.

Mengetahui,
Kepala SDK Sang Timur Pasuruan

Sr. Ursula PIJ, S.Pd., M.M.        


Sabtu, 02 Mei 2020

SOAL STATISTIKA Kelas 5

I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !

1. Hasil panen kakek selama 5 bulan dalam ton adalah 10, 6, 7, 9, 8. Rata-rata hasil panen kakek tiap bulan adalah .... ton.
a. 7
b. 8
c. 9
d. 10

2. Median dari data pada soal nomor 1 adalah ....
a. 7
b. 7,5
c. 8
d. 8,5

3. Berikut ini adalah data hasil ulangan matematika kelas VI SD Budi Mulia

5 6 6 7 5 8 9 10 10 9 8 6 7 6 7 8 9 10 7 8
5 6 9 8 8 7 7 9 5 9 8 9 9 8 7 7 8 6 6 8

Nilai rata-rata dari data di atas adalah ....
a. 7
b. 7,5
c. 8
d. 8,5

4. Pelemparan dadu sebanyak 25 kali. Angka yang keluar datanya adalah:
1 2 3 4 5 5 6 2 3 4 5 6 6 4 3 2 1 4 3 5 6 6 5 4 5
Modus dari data di atas adalah ....
a. 3
b. 4
c. 5
d. 6

5. Data hasil ulangan Matematika kelas VI

Soal Mean, Modus, Median plus Kunci Jawaban dan Pembahasan Gambar 1
glory

Rata-rata dan median dari data di atas adalah ....
a. Rata-rata = 7,5 dan median = 7
b. Rata-rata = 7,5 dan median = 7,5
c. Rata-rata = 7 dan median = 7,5
d. Rata-rata = 7,5 dan median = 8

6. Nilai ulangan Matematika kelas VI
6, 8, 7, 7, 6, 6, 6, 7, 7, 8 9, 8, 7, 7, 6, 7, 9, 7, 7, 7
9, 6, 6, 7, 8, 9, 8, 7, 8, 9 9, 6, 6, 10, 9, 8, 8, 7, 9, 9

Nilai rata-rata dari data di atas adalah ....
a. 7
b. 7,5
c. 8
d. 8,5

7. Hasil ulangan matematika 21 anak kelas VI adalah: 7, 8, 9, 8, 7, 8, 10, 9, 5, 7, 9, 9, 8, 7, 10, 8, 9, 6, 8,7, dan 5. Apabila data tersebut diurutkan dari terkecil hingga terbesar, maka nilai tengah dari data tersebut adalah....
a. 6
b. 7
c. 8
d. 9

8. Banyak jeruk yang dapat dijual oleh seorang pedagang selama 30 hari tercatat sebagai berikut (dalam kg)
30, 30, 31, 28, 26, 31, 26, 27, 29, 27
27, 28, 26, 29, 28, 29, 29, 26, 31, 25
25, 30, 29, 27, 28, 29, 26, 25, 30, 28

Rata-rata jeruk yang terjual setiap harinya adalah .... kg
a. 27
b. 28
c. 29
d. 30

9. Data ulangan Matematika kelas VI
7, 6, 8, 9, 8, 7, 6, 9, 9, 8, 7, 8, 9, 9, 6, 7, 8, 9, 10, 10

Nilai rata-rata ulangan Matematikan kelas VI adalah ....
a. 6
b. 7
c. 7,5
d. 8

10. Nilai ulangan Matematika siswa kelas VI di sebuah SD
7, 8, 5, 4, 7, 4, 5, 5, 3, 5
5, 6, 8, 7, 8, 7, 8, 4, 5, 7
6, 8, 7, 6, 8, 8, 7, 6, 7, 7
7, 6, 8, 5, 4, 3, 5, 3, 6, 8

Modus dan median dari data di atas adalah ....
a. modusnya = 7 dan median = 6
b. Modusnya = 7 dan median = 6,5
c. Modusnya = 8 dan median = 6
d. Modusnya = 8 dan median = 6,5

11. Tabel frekuiensi berikut menunjukkan hasil lemparan dadu

Soal Mean, Modus, Median plus Kunci Jawaban dan Pembahasan Gambar 2
alvonsus

Modus dan median dari data tersebut adalah ....
a. Modus = 5 dan median = 3
b. Modus = 5 dan median = 3,5
c. Modus = 5 dan median = 4
d. Modus = 5 dan median = 4,5

12. Data hasil ulangan Bahasa Indonesia Linda sebanyak 4 kali yaitu 10, 8, 9, 6
Nilai rata-rata yang diperoleh Linda adalah ....
a. 7,50
b. 8,25
c. 8,50
d. 9,25

13. Ibu membeli gula 8 kg, jagung 10 kg, beras 15 kg, kedelai 12 kg dan kentang 5 kg. Berat rata-rata belanjaan ibu adalah ....
a. 7 kg
b. 8 kg
c. 9 kg
d. 10 kg

14.

Soal Mean, Modus, Median plus Kunci Jawaban dan Pembahasan Gambar 3
glory powerock
Nilai rata-rata dari diagram di atas adalah ...
a. 6,87
b. 6,88
c. 6,89
d. 7

15. Modus dari diagram di atas adalah ....
a. 5
b. 6
c. 7
d. 8

16. Dewi mendapat nilai ulangan sebanyak 4 kali yaitu 10, 8, 9, 6. Supaya nilai rata-ratanya 8,5,
maka ulangan kelima, Dewi harus mendapat nilai ....
a. 7,5
b. 8,5
c. 9,5
d. 10

17. Ariel mengikuti ulangan IPA sebanyak 4 kali. Hasil dari ulangan tersebut adalah 10, 8, 9, dan 6. Supaya nilai rata-ratanya 8, maka nilai ulangan kelima yang harus didapatkan Ariel adalah ....
a. 7
b, 8
C. 9,5
d. 10

18. Nilai ulangan Ayu adalah 7, 8, 7, 6, dan 8. Jika Ayu ingin mendapat nilai rata-rata 7,5, maka nilai ulangan keenam Ayu harus ....
a. 7
b. 8
c. 8,5
d. 9

19. Nilai rata-rata Matematika  5 orang siswa adalah 90. Jika ditambah dengan nilai Amel, nilai rata-rata menjadi 85. Nilai Amel adalah ....
a. 60
b. 70
c. 80
d. 90

20. Rata-rata nilai Matematika Yunus selama 4 kali ulangan adalah 75. Setelah ulangan yang ke-lima, rata-rata nilai Yunus 80. Nilai ke-lima yang didapat Yunus adalah ....
a. 80
b. 85
c. 90
d. 100

Download Matematika Statistika


https://www.sekolahdasar.net/2019/02/soal-ulangan-matematika-kelas-5-kd-38-penyajian-data.html

Menangkal Miskonsepsi: Menuju Implementasi Kurikulum Merdeka yang Sukses

  Menangkal Miskonsepsi: Menuju Implementasi Kurikulum Merdeka yang Sukses Kurikulum Merdeka, diluncurkan Kemendikbudristek tahun 2022, ha...