PKn
1. Upaya
mewujudkan makna penting persatuan dan kesatuan berikut:
1. Festival
Budaya Nusantara
Festival Budaya Nusantara
menyajikan budaya dari berbagai daerah di wilayah Nusantara, sehingga akan
menumbuhkan pengetahuan dan rasa cinta kepada bangsa Indonesia
2. Toleransi
dan Hidup Berdampingan dalam Perbedaan
· Memberi
kesempatan kepada orang yang sedang melaksanakan ibadah
· Memberi
ucapan selamat hari raya kepada orang yang berbeda agama
· Tidak
mengganggu saat umat beragama lain beribadah
· Tidak
mengolok-olok umat beragama lain
3. Semangat
Kekeluargaan dan Tolong-menolong
a. Di
lingkungan rumah
· membantu
orang tua
· menjaga
kebersihan rumah
b. Di
lingkungan sekolah
· bermain
dan bekerjasama dengan teman
· menolong
teman yang membutuhkan
c. Di
lingkungan masyarakat
· ikut
dalam kegiatan gotong royong
· membantu
tetangga yang terkena musibah
d. Di
lingkungan bangsa dan negara
· memberikan
bantuan kepada korban bencana
· menjaga
kerukunan dan persatuan
2. Makna
penting persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sebagai berikut
a. mempererat
hubungan antar warga
b. menciptakan
keamanan dan kedamaian
c. meningkatkan
rasa cinta tanah air
d. menumbuhkan
rasa syukur atas keberagaman di Indonesia
3. Peristiwa
dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan sikap menjalin persatuan dan
kesatuan seperti berikut
· menjengkuk
teman yang sakit
· bekerjasama
menyelesaikan tugas
· membantu
tetangga yang membutuhkan bantuan
· membantu
korban kecelakaan
· kerjabakti
· ronda
malam
4. Salah
satu cara bangsa Indonesia mengenalkan kebudayaan daerah kepada dunia
internasional, yaitu melalui pementasan beragam kebudayaan daerah di
tempat-tempat pariwisata. Dalam hal ini ada andil besar dari dinas
kepariwisataan.
5. Manfaat
hidup rukun
a. menciptakan
suasana tentram dan damai
b. menjaga
keutuhan NKRI
c. pembangunan
nasional berjalan lancar
d. mudah
mendapat bantuan ketika mengalami kesulitan
Bahasa Indonesia
1. Iklan
Elektronik
a. Iklan
Radio
Radio merupakan media
auditif yang bersifat atraktif. Artinya radio adalah media yang mengandalkan
pendengaran untuk menyapa pendengarnya. Oleh karena itu, pemaparan iklan
melalui media radio memiliki karakteristik atau ciri khas. Iklan di radio hanya
dapat didengarkan melalui audio atau suara. Suara yang diperdengarkan dapat
berupa voice (suara/kata-kata manusia yang teratur), musik (perpaduan
bunyi-bunyian yang teratur dengan ritme tertentu dan harmonis), dan efek suara
(suara-suara yang tidak beraturan maupun efek suara alam).
b. Iklan
Televisi Iklan televisi adalah iklan yang disiarkan melalui televisi. Iklan
televisi sangat menarik karena merupakan kombinasi dari suara, gambar, dan
gerak. Iklan televisi memiliki karakteristik, yaitu dapat dilihat dan didengar.
Oleh karena itu, iklan yang disampaikan melalui televisi sangat menarik
perhatian dan mengesankan. Melalui televisi kreativitas penyampaian para
pembuat iklan akan lebih maksimal. Penuangan kreativitasnya pun bisa dalam
berbagai bentuk, kreasinya dapat berupa animasi dua dimensi ataupun
tiga dimensi, testimoni, dan lagu produk yang diiklankan. Kreativitas
penyampaian iklan sangat menentukan menarik tidaknya sebuah iklan.
c. Iklan
Internet Iklan internet adalah iklan yang ditampilkan melalui jaringan
internet.
Iklan internet mampu
meningkatkan kapasitas dan kecepatan perputaran informasi. Melalui internet,
informasi dapat disampaikan secara dramatis dan interaktif
2. Paparan
dalam iklan elektronik
a. Paparan
Iklan Melalui Radio
Untuk menayangkan iklan
melalui radio perlu dibuat naskah terlebih dahulu. Naskah iklan
radio dibuat dengan mempertimbangkan skenario iklan, baik dialog, monolog,
musik, maupun efek suara. Musik dan efek suara dalam naskah iklan radio
diperlukan untuk menciptakan suasana yang mendukung skenario.
b. Paparan
Iklan Melalui Televisi
Pembuatan iklan televisi
diawali dengan membuat rancangan. Rancangan dalam bentuk skrip dan papan cerita
(sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai naskah). Setelah disetujui oleh
pengiklan barulah rancangan iklan itu dibuat di rumah produksi.
c. Paparan
Iklan Melalui Internet
Iklan internet jenis
banner yaitu iklan pada papan iklan mini yang tersebar pada sebuah halaman web.
3. Contoh
media elektronik radio, TV, laptop, HP, komputer.
4. Unsur-unsur
iklan agar menarik :
1. Perhatian
(Attention) Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.
2. Minat
(Interest) Setelah mendapat perhatian, unsur iklan harus ditingkatkan menjadi
minat. Apabila minat sudah ada, maka akan timbul rasa ingin tahu secara rinci
dalam diri konsumen.
3. Keinginan
(Desire) Iklan hendaknya mencakup cara untuk menggerakkan keinginan konsumen.
4. Rasa
Percaya (Conviction) Untuk mendapat rasa percaya dalam diri konsumen, sebuah
iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan. Kegiatan peragaan di
antaranya seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.
5. Tindakan
(Action) Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen
agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.
5. Ciri
bahasa iklan yang dimaksud sebagai berikut.
1. Pilihan
kata yang digunakan menarik, tepat, logis, dan sopan.
2. Pilihan
kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak.
3. Pilihan
kata yang digunakan menonjolkan informasi yang dipentingkan.
4. Pilihan
kata yang digunakan menunjukkan sasaran
6. Iklan
dari segi isinya
1. Iklan
politik
Iklan yang menayangkan
gambar partai-partai politik dalam Pemilu, untuk mengenalkan kepada khalayak
tentang partai-partai politik peserta Pemilu. Melalui iklan tersebut masyarakat
dapat mengetahui partai-partai politik yang akan mereka pilih sesuai hati
nuraninya tanpa adanya paksaan dari pihak mana pun.
2. Iklan
pendidikan
Iklan ini berisi tentang
ajakan kepada khalayak untuk membeli aplikasi pendidikan anak berbahasa
Indonesia
3. Iklan
kesehatan
Iklan yang menawarkan
produk kesehatan seperti obat, pasta gigi, pengobatan alternatif.
4. Iklan
makanan dan minuman
Iklan yang
menawarkan makanan dan minuman, seperti mie, kue, teh
5. Iklan
otomotif
Iklan yang menawarkan
produk otomotif, seperti ban, mobil, sepeda motor, oli.
6. Iklan
kecantikan
Iklan yang berisi tentang
produk-produk kecantikan seperti bedak, lipstik, sampo, sabun, cream wajah,
parfum dsb
7. Mengidentifikasi
iklan
Jenis iklan berdasarkan
media : Iklan media elektronik
Jenis iklan berdasarkan
isi :
Iklan kesehatan
Unsur
iklan :
nama produk, kalimat informasi, gambar
Isi
Iklan :
menawarkan kepada masyarakat produk pasta gigi dan
kegunaannya
IPA
1. Materi
adalah setiap objek atau segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai
massa. Misalnya air, batu, pasir, tanah, kayu, besi, emas, plastik, dan oksigen
atau udara. Materi yang banyak jenisnya tersebut dapat dikelompokkan menjadi
benda padat, cair, dan gas.
Berdasarkan komponen
penyusunannya, materi dibedakan atas zat tunggal dan campuran.
2. Zat
tunggal atau disebut zat murni adalah zat yang komponen penyusunnya hanya satu
zat atau materi. Zat tunggal dapat berupa unsur dan senyawa.
a. Unsur
adalah zat kimia yang tak dapat dibagi lagi menjadi zat yang lebih sederhana.
Ada dua jenis unsur, yaitu unsur logam dan nonlogam. contoh unsur logam adalah
perak, besi, emas, dan platina. Adapun contoh unsur nonlogam antara lain
hidrogen, oksigen, nitrogen, dan karbon.
b. Senyawa
adalah zat tunggal yang terbentuk dari beberapa unsur. contoh unsur senyawa
adalah garam, air, dan gula.
3. Zat
campuran adalah zat yang komponen penyusunnya terdiri atas dua atau
lebih zat atau materi. Berdasarkan sifatnya, zat campuran terdiri atas zat
campuran homogen dan zat campuran heterogen.
a. Zat
campuran homogen adalah campuran yang terdiri atas dua materi atau zat yang
dapat menyatu secara merata. contoh campuran homogen antara lain sirop (campuran
gula, pewarna, dan air), larutan oralit (campuran air dan garam), dan udara
(campuran gas-gas).
b. Zat
campuran heterogen adalah campuran yang terdiri atas dua zat atau
materi berbeda yang tidak dapat menyatu secara sempurna. contoh campuran heterogen
antara lain air kopi tumbuk, air dengan tanah, dan air dengan minyak.
4. Jika
ditulis dalam bentuk bagan sebagai berikut
5. Ciri-ciri
campuran, baik campuran homogen maupun campuran heterogen dapat dibuat
kesimpulan sebagai berikut.
1. campuran
tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa.
2. campuran
dapat dipisahkan menjadi zat-zat penyusunnya.
3. perbandingan
massa zat-zat penyusunnya tidak tetap.
4. sifat
campuran sama dengan sifat zat-zat penyusunnya
6. Mengidentifikasi
campuran :
No. |
Jenis Campuran |
Komponen Penyusun Campuran |
Sifat Campuran |
1. |
Kuningan |
Tembaga dan Seng |
Campuran terdiri dari
dua unsur |
2. |
Perunggu |
Tembaga dan Timah |
Campuran terdiri dari
dua unsur |
3. |
Air sirop |
Air mineral, gula, dan
sari buah |
Campuran terdiri dari 2
senyawa (Air dan gula) dan 1 campuran (sari buah) |
4. |
Air Kopi |
Air, bubuk kopi, dan
gula pasir |
Campuran terdiri dari 2
senyawa senyawa (air dan gula), dan 1 campuran (bubuk kopi) |
5. |
Teh Manis |
Air, Teh dan Gula |
Campuran terdiri dari 2
senyawa (air dan gula), dan 1 Campuran (Teh) |
6. |
Minuman Ringan |
Air, pemanis, pewarna
dan gas Karbondioksida |
Campuran terdiri dari 2
senyawa (air dan karbondioksida), 1 campuran (pemanis). |
7. |
Es Krim |
Air, Susu, Gula |
Campuran terdiri dari 2
senyawa (air dan Gula), dan 1 Ca |
IPS
1. Kegiatan
ekonomi masyarakat Indonesia
a. Pertanian
Hasil pertanian Indonesia
antara lain padi, jagung, ubi, dan palawija.
b. Perkebunan
Perkebunan semusim yaitu
pemeliharaan tanaman dengan satu kali panen, seperti tembakau, tebu.
Perkebuanan tahunan yaitu pemeliharaan tanaman dengan beberapa kali panen Hasil
perkebunan antara lain karet, kelapa, kelapa sawit, dan tebu
c. Peternakan
Peternakan adalah usaha
memelihara binatang piaraan yang diambil manfaatnya. Usaha peternakan dapat
digolongkan menjadi tiga, yaitu peternakan hewan besar (sapi, kerbau, dan
kuda), hewan kecil (kambing, domba, kelinci, dan babi), dan unggas (ayam, itik,
entok, dan burung).
d. Perikanan
Usaha perikanan dalam hal
ini adalah usaha perikanan darat, yaitu usaha memelihara ikan di perairan darat
dengan cara membuat kolam. Perikanan darat meliputi perikanan air tawar dan
perikanan air payau. contoh hasil perikanan air tawar misalnya ikan gurami,
nila, bawal, dan lele. Hasil perikanan air payau contohnya ikan bandeng.
e. Kehutanan
Usaha kehutanan dapat
dilakukan dengan melakukan pencegahan terhadap penggundulan hutan dengan
melakukan reboisasi atau peremajaan hutan. contoh hasil usaha kehutanan antara
lain kayu, rotan, damar, dan kemenyan
f. Pertambangan
Pertambangan adalah usaha
untuk mengolah atau memanfaatkan mineral demi kesejahteran manusia. Mineral ini
berada di dalam perut bumi. Untuk mendapatkannya perlu dilakukan penggalian
atau penambangan. contoh hasil barang tambang antara lain emas, minyak bumi,
dan batu bara.
g. Perindustrian
Industri adalah usaha
atau kegiatan untuk mengubah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau
barang jadi. contoh hasil industri adalah benang menjadi pakaian, pengolahan
ikan menjadi ikan kaleng, dan karet menjadi ban.
h. Perdagangan
Perdagangan adalah
kegiatan yang bertujuan menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Barang-barang yang diperdagangkan merupakan hasil-hasil pertanian, peternakan,
perikanan, hutan, dan barang-barang hasil industri. Perdagangan yang dilakukan
antarnegara disebut ekspor impor. Ekspor adalah usaha mengirim dan menjual
barang keluar negeri. Impor adalah usaha memasukkan dan membeli barang dari
luar negeri.
i. Jasa
Usaha jasa adalah usaha
menyediakan jasa bukan produk benda untuk mendapatkan keuntungan atau laba
2. Usaha
Ekonomi yang dikelola sendiri
a. Usaha
pertanian
b. Industri
kecil Industri
c. Usaha
perdagangan
d. Usaha
jasa
3. Usaha
ekonomi yang dikelola kelompok
a. firma
b. CV
(Commanditaire Vennotschaap/Persekutuan Komanditer)
c. PT
(Perseroan Terbatas)
d. BUMN
(Badan Usaha Milik Negara) BUMN atau Perusahaan Negara adalah perusahaan yang
seluruh modalnya dimiliki oleh negara. Ada tiga bentuk perusahaan negara, yaitu
Perusahaan Jawatan (Perjan), Perusahaan Umum (Perum), dan Perusahaan Perseroan
(Persero).
e. Perusahaan
Daerah
f. Koperasi
SBdP
1. Ada
dua pola garis dasar pada lantai, yaitu garis lurus dan garis lengkung. Garis
lurus memberikan kesan sederhana tetapi kuat. Sedangkan garis lengkung
memberikan kesan lembut tetapi lemah.
2. Pola
Lantai Vertikal (Lurus) ciri pola lantai vertikal (lurus) adalah penari
membentuk garis vertikal, yaitu garis lurus dari depan ke belakang atau
sebaliknya. Pola lantai ini banyak digunakan pada tari klasik.
3. Pola
Lantai Diagonal Pada pola lantai diagonal, penari berbaris membentuk garis
menyudut ke kanan atau ke kiri.
4. Pola
Lantai Garis Melengkung Pada pola lantai garis melengkung, penari membentuk
garis lingkaran, pola lantai lengkung ular, dan pola lantai angka delapan.